News

Wisuda Sarjana S-1 ke-XXX STAI “UISU”: Siapkan Usulan Tiga Prodi Baru

SIANTAR, FaseBerita.ID– Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) “UISU” Pematangsiantar Drs H Mukhtar Lubis MM mengatakan bahwa saat ini sekolah tinggi yang dipimpinnya sedang mempersiapkan tiga borang pengusulan program studi (prodi) baru ke Kementerian Agama.

Tiga prodi itu adalah, Program Studi Pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Program Studi Pariwisata Syariah dan Program Studi Akuntansi Syariah.

Pengusulan tiga prodi baru itu bertujuan meningkatkan status STAI “UISU) Pematangsiantar menjadi Institut Agama Islam “UISU” Pematangsiantar. “Untuk itu dukungan para dosen, mahasiswa, alumni dan stakeholder lainnya sangat dibutuhkan dalam pengembangan kampus,” katanya dalam pidato di acara wisuda sarjana S-1 sesi pertama di Convention Hall Siantar Hotel, Senin (30/12) pagi.

Di hadapan wisudawan-wisudawati, masing-masing dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Mukhtar juga menjelaskan bahwa saat ini STAI “UISU” telah memiliki tiga prodi. Satu prodi tambahan itu adalah Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).
“STAI ‘UISU’ Pematangsiantar terus berbenah dan telah memiliki tiga program studi, dengan satu prodi tambahan yaitu Pendidikan Islam Anak Usia Dini,” jelasnya.

Untuk itu ia berharap agar 123 lulusan yang diwisuda dalam tiga sesi acara hari itu, masing-masing 12 dari Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan 111 dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), mampu membuka mata dan pikiran. Dengan modal apa yang telah didapatkan selama pendidikan, lulusan diharapkan mampu berkreasi dan berinovasi.

“Sehingga para lulusan tidak akan menjadi penambah jumlah pengangguran di negeri ini, tetapi mereka semua bisa berkarya di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan ilmu yang dimiliki,” ungkapnya.

Sebelumnya acara wisuda sesi pertama dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Melisa Purba, diikuti doa yang dibawakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Simalungun H Abdul Halim Lubis LC SHI MM.

Selanjutnya Ketua STAI “UISU” melakukan pelantikan sarjana, diikuti dengan acara wisuda.
Pada sesi kedua, acara juga digelar dengan singkat, seperti sesi pertama. Ketua Badan Perwakilan (BP) Yayasan UISU Hj Dewi Kirana SE MM dalam sambutannya menekankan agar seluruh wisudawan dapat terjun ke masyarakat dengan karya nyata dan jati diri sarjana yang berakhlak mulia. Kemudian pada wisuda sesi tiga, sambutan disampaikan oleh Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara Prof Dr H Syahrin Harahap MA secara virtual.

Terapkan Protokol Kesehatan

Ada yang tak biasa di acara wisuda sarjana STAI “UISU” Kali ini. Panitia kegiatan terlihat ketat menyeleksi wisudawan dan wisudawati yang akan memasuki ruangan acara. Bahkan tak ada seorang pun keluarga dari lulusan yang diperbolehkan masuk.

Menurut Ketua STAI “UISU” Drs H Mukhtar Lubis MM, acara wisuda yang digelar tersebut dibagi menjadi tiga sesi, demi mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Untuk meminimalisir hadirin yang masuk ruangan, kegiatan wisuda juga dapat didengar dan saksikan oleh keluarga lulusan di lokasi yang berbeda secara virtual.

Semua orang yang memasuki ruangan diwajibkan untuk mencuci tangan, mengenakan masker serta face shield. Tanpa dilengkapi itu semua, panitia langsung mencegah siapa pun masuk ke lokasi acara. Begitu juga para wisudawan-wisudawati, semuanya terlihat mengenakan masker dan face shield.

Sejak memasuki ruangan hingga keluar dan acara selesai, mereka tampak patuh dengan protokol kesehatan yang diterapkan. Bahkan bangku yang disiapkan untuk wisudawan dan undangan juga diberi jarak sekira 2 meter.(hez)

USI