News

Wisuda Sarjana 390 Angkatan XXV: 34 Tahun Universitas Asahan Sudah 10.190 Alumni Tersebar

FaseBerita.ID – Universitas Asahan (UNA) meluluskan wisuda sarjana sebanyak 390 mahasiswa/i angkatan XXV di kampus setempat, Sabtu (7/12/2019).

Seluruh lulusan itu terdiri dari Fakultas Teknik 16 orang, Fakultas Pertanian 68 orang, Fakultas Ekonomi 66 orang, Fakultas Hukum 112 orang dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan 112 orang.

Rektor Universitas Asahan, Prof Ibnu Hajar MSi dalam sambutannya mengatakan sudah 34 tahun usia UNA sejak menggelar wisuda pertama pada tahun 1991 hingga 2019 telah menamatkan 10.190 alumni.

“Jumlah alumni yang begitu besar itu sudah tersebar ke banyak daerah dan menekuni bidang pekerjaan dan profesi masing masing sesuai disiplin ilmunya meski sebagian besar berkiprah di Asahan dan wilayah Sumut,” kata Rektor.

Dalam kesempatan itu dihadapan para orangtua wisudawan Rektor juga menambahkan bahwa UNA telah berstatus terakreditasi institusi B dan 10 dari 11 program studinya telah terakreditasi B pula.

“Untuk menguatkan UNA sebagai perguruan tinggi swasta terkemuka kami juga menjaring kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri seperti kampus di Malaysia dan India. Semua upaya ini kami tunjukkan agar UNA hari ini jadi kampus yang diperhitungkan masyarakat,” tambahnya.

Masih kata Ibnu, tahun 2019 ini UNA banjir prestasi selain kerjasama yang dilakukan terdapat peningkatan sumber daya manusia dosen bergelar doktor sebanyak 11 orang dan 28 dosen menempuh pendidikan program doktor di berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya mengatakan, kehadiran Universitas Asahan (UNA) hingga hari ini berusia kurang lebih 34 tahun merupakan upaya dari para pemimpin dan kepala daerah terdahulu bersusah payah berjuang merintis hingga hadirnya pendidikan tinggi di Asahan pada masa almarhum Bupati Zulfirman Siregar.

“Olehkarena itu, sudah pantas kiranya civitas akademik di Universitas Asahan memberikan apresiasi dan penghargaan kepada orang orang yang berjasa memperjuangkan UNA untuk dikenang namanya diabadikan dalam ruang ruang khusus kampus seperti aula dan lain sebagainya sebagai bentuk penghargaan,” kata Bupati Asahan H Surya, saat memberikan kata sambutan.

“Tabalkan nama-nama mantan Bupati Asahan di aula dan ruang ruang khusus di lingkungan UNA sebagai bentuk penghargaan kita,” pinta Surya. (per/rah)

USI