News

Waspada! Asahan Naik Level 3 PPKM Darurat

ASAHAN, FaseBerita.id – Peta penyebaran resiko Covid-19 di Kabupaten Asahan kini naik menjadi level 3 pada Perberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), dimana sebelumnya berada di level 2.

Hal tersebut, sesuai dengan intruksi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) nomor 188.54/31/INST/2021 tentang PPKM bahwa Kabupaten Asahan ditetapkan menjadi kriteria level 3.

“Saat ini Asahan masuk di level 3. Maka itu kita berharap masyarakat tetap perketat prokes,” ungkap Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar, Kamis (29/7)  kepada wartawan.

Penetapan level berdasarkan assemen Kementerian Kesehatan yang kini Kabupaten Asahan menjadi zona oranye, karena dalam zona oranye memiliki kriteria terdapat 3 sampai 5 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam 1 RT selama 7 hari terakhir.

Maka hal yang lakukan mengendalikan dan menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat lalu dilakukan isolasi mandiri (isoman) untuk pasien positif dan kontak erat dengan pengawasan ketat.

Hidayat juga menjelasakan aturan level 3 yang didapat Kabupten Asahan harus dijalankan. Adapun ketentuannya diantaaranya, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dilakukaan secara daring. Pelaksanaan kegiatan di tempat kerja diberlakukaan 75 % work from home dan 25 % work from office dengan penerapaan prokes.

“Banyak lagi ketentunya. Dan untuk pelaksanaanya Bupati Asahan akan mengeluarkan intruksi terkait pelaksanaan PPKM level 3,” ujar Hidayat.

Kemudian kegiatan pada area publik, tempat wisata umum, kegiataan seni, budaya dan sosial kemasyarakatan ditutup untuk sementara waktu sampai dengan area dinyatakaan aman oleh pemerintah daerah.

Selain itu, untuk kegiatan olahraga dapat dilaksanakan sepajang tidak melibatkan penonton dan menerapkan prokes. Untuk kegitan resepsi pernikahan dan hajatan paling banyak 25% dari kapasitas.

Untuk pelaku perjalanan menggunakan kenderaan mobil pribadi, sepedamotor dan transportasi umum harus menunjukan kartu vaksin minimal dosis pertama, menujukan PCR H-2 untuk pesawat udara serta antigen H-1. (Per)