News

Warga Portibi Paluta Resah, Lahan Dirusak Beruang

FaseBerita.ID – Para petani di Desa Bonan Dolok dan Napa Lombang, Kecamatan Portibi, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dilanda ketakukan akibat munculnya seekor Beruang di areal perkebunan warga di daerah itu.

Sejumlah warga setempat mengaku telah melihat langsung kemunculan seekor beruang atau yang biasa disebut warga di daerah itu Goppul. “Awalnya kami mencurigai rusaknya beberapa tanaman masyarakat di ladang. Pohon kelapa berusia 1 tahun banyak yang rusak. Begitu juga dengan tanaman lainnya seperti ubi serta buah-buahan,” kata M Harahap salah seorang warga setempat.

Katanya lagi, bersama warga mereka langsung mencaritahu apa penyebab rusaknya tanaman warga. Ternyata terlihat ada seekor beruang atau Goppul di sekitaran ladang warga. Kemudian mereka langsung memburunya dan hingga saat ini belum berhasil ditemukan.

Camat Portibi Gusti Harahap membenarkan kemunculan seekor beruang disekitaran perkebunan warga yang hanya berjarak 1 Kilometer dari pemukiman yaitu di desa Napa Lomabang dan Bonan Dolok.

Kata Camat, menurut laporan yang ia terima dari masyarakat, secara fisik beruang tersebut sebesar Kambing dewasa, berbadan gemuk dan pendek dan badannya hitam. “Masyarakat sudah resah akibat kemunculan beruang itu. Beberapa pohon tanaman warga rusak dan terdapat bekas cakaran, yang diduga jejak beruang ketika mencari makanan,” tuturnya.

Tambahnya, saat ini masyarakat belum ada yang berani ke ladang khususnya kaum perempuan dan masyarakat masih memburu keberadaan beruang itu. Disinggung apakah kejadian ini sudah dilaporkan ke pihak BKSDA, Camat mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. (ais)

iklan usi