News

Warga Melawan, Eksekusi Lahan Parapat View Ditunda

FaseBerita.ID – Karena mendapat perlawanan dari warga, pelaksanaan sita eksekusi terhadap objek perkara sebidang tanah sekitar 1,5 Ha di Parapat View, Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Simalungun, ditunda.

Eksekusi sesuai surat relaas pemberitahuan No : 12/Pdt.Eks/2018/PN. Simalungun, Jo Nomor 45/Pdt/G/2016/PN Simalungun, Jo No : 159/Pdt/2017/PT. Medan, Jo No : 75K/Pdt/2018, di mana Sahat Sinaga dkk sebagai penggugat dan Bagian Boru Nainggolan dkk yang tergugat.

Juru Sita pengganti Pengadilan Negeri Simalungun Sabarman Saragih, Jumat (19/2/2021), menyampaikan penundaan setelah berdialog dengan sejumlah warga yang tergugat di lingkungan IV, Lumban Tonga tonga, Parapat View.

Sabarman menerangkan untuk sementara waktu pihaknya akan berkordinasi dengan pimpinan PN Simalungun untuk mengatur ulang jadwal sita eksekusi lahan di Paramanukan Parapat View.

Dengan pertimbangan adanya penolakan dari pihak warga sebagai tergugat dan untuk menghindari kerumunan massa dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Untuk sementara waktu kita tunda dulu sita eksekusi lahan Parmanukan Parapat View. Kejadian hari ini kita akan laporkan ke Pimpinan agar dapat mengatur ulang jadwal eksekusi,” ujar Sabarman Saragih.

Sementara Kabag Ops Polres Simalungun Kompol Surya menjelaskan kepada awak media mengatakan hal senada agar Pelaksanaan sita eksekusi di Parapat di tunda mengingat masa pandemi Covid-19 untuk mencegah cluster penyebaran virus di tengah masyarakat.

Menurut warga sebagai pihak tergugat, M Sinaga, Sijabat, Manurung, Br Sirait menyampaikan saat sita eksekusi sengaja memblokir jalan dan warga tetap bertahan dan menolak pelaksanaan sita eksekusi lahan Parmanukan dan Lumban Tonga tonga dinilai tidak sesuai dengan objek perkara.

Amatan media di lokasi, tampak puluhan masyarakat memblokir jalan ke lokasi objek perkara Parapat View dengan memasang spanduk bentuk penolakan terhadap pelaksanaan eksekusi oleh PN Simalungun yang dikawal oleh Polres Simalungun. (aos/fabe)

USI