News

Warga Kisaran Meninggal Positif Covid-19

Sempat Dirawat di Dua Rumah Sakit di Siantar

FaseBerita.ID – Seorang wanita berinisial L (43) warga Kabupaten Asahan dinyatakan positif Covid-19 dan meninggal dunia di Rumah Sakit Djasmen Saragih Pematang Siantar, Sabtu (20/6) lalu.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H Rahmat Hidayat Siregar, Senin (22/6) dalam siaran persnya mengatakan, adapun riwayat pasien, sebelumnya pada tanggal 4 Juni 2020 dengan keluhan batuk dan demam lebih dari 7 hari berobat di salah satu rumah sakit swasta di Kota Kisaran, dan menjalani rawat inap selama enam hari. Namun, pada tanggal 9 Juni, pasien tersebut pulang atas permintaan sendiri.

“Kemudian, hari itu juga tanggal 9 Juni 2020, pasien berobat kembali dengan inisiatif sendiri ke Rumah Sakit Vita Insani Pematang Siantar,” kata Hidayat.

Oleh Rumah Sakit Vita Insani, tanggal 10 Juni dilakukan pemeriksaan rapid test Covid-19 dengan hasil reaktif. Sehingga langsung dirujuk ke RSUD Djasmen Saragih Pematang Siantar dengan status PDP.

“Kemudian, pada tanggal 11 Juni 2020, pihak surveilans Dinkes Siantar menginformasikan bahwa pasien tersebut menyampaikan kepada surveilans Dinas Kesehatan Asahan, karena yang bersangkutan warga Asahan,” terangnya.

Pada tanggal 12 Juni 2020, barulah dilakukan pengambilan spesiemen pertama dengan cara Swab melalui nasofaring kepada pasien, dan pada tanggal 18 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan spesiemen Swab kedua dan hasilnya positif Covid-19.

“Lalu, pada tanggal 20 Juni 2020, berdasarkan informasi dari Dinkes Siantar, pasien dinyatakan meninggal dunia pada pukul 18.00 WIB. Almarhumah kemudian dikebumikan di pekuburan Sidomukti Kisaran dengan menerapkan protokol penanganan Covid-19,” ucapnya.

“Terkait keluarga atau kerabat yang pernah kontak erat dengan almarhum, saat ini masih dilakukan pendataan dan pemeriksaan.  Informasi rencana rapid test terhadap kontak erat almarhum ini akan kami sampaikan,” pungkas Hidayat. (Per)

USI