News

Warga Karang Bangun Simalungun Marharoan Bolon Perbaiki Jalan

SIANTAR, FaseBerita.ID-Warga Nagori Karang Bangun Kecamatan Siantar melakukan kegiatan gotong-royong (Marharoan Bolon) memperbaiki jalan, khususnya jalan di Kampung Samosir. Jalan menuju Dusun V ini kondisinya rusak parah, apalagi saat musim hujan, air dari parit melimpah ke jalan.

Kepala Dusun 5 Nagori Karang Bangun P Ambarita menjelaskan, Marharoan Bolon digelar selama dua hari, Jumat dan Sabtu (18-19/6/2021) untuk membersihkan parit dan menutup jalan yang berlubangmenggunakan campuran semen, batu dan pasir. Material ini merupakan sumbangan warga, pengusaha, partuha maujana dan aparat nagori.

‘Jalan ini termasuk salah satu jalan menuju Pemandian Karang Anyer, tapi karena kondisinya parah, jadi jarang dilalui. Apalagi saat datang hujan, air melimpah ke jalan sehingga membahayakan pengendara yang melintas,’ kata P Ambarita.

“Gotong royong ini, khususnya warga Kampung Samosir bekerjasama dengan warga anak rantau yang asalnya keluarganya dari Kampung Samosir. Begitu juga warga yang berdomisili di kampung samosir ini mengumpulkan dana untuk membeli material,pasir, semen dan batu padas. Di bantu juga dari setiap dusun bahkan dari partuha maujana dan pemerintah setempat,bbahkan dari pengusaha-pengusaha yang ada di nagori Karang Bangin,”

Ambarita menjelaskan, rencananya kegiatan itu memperbaiki jalan sepanjang jalan 150 meter. Namun kalau pun tidak cukup dananya, tetap melaksanakan Marharoan Bolon untuk panjang jalan yang sesuai kemampuan dana dan tenaga. Secara khusus, Ambarita mewakili warga menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam perbaikan jalan Kampung Samosir.

Sementara Pj Pangulu Karang Bangun Jhon Ventho Hasudungan ST dan Camat Siantar Elyanto Purba menyampaikan terimakasih kepada masyarakat dan para perantau yang mendukung program Bupati Simalungun, menggalakkan Haroan Bolon dalam upaya perbaikan infrastruktur jalan di nagori.

“Kami sampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang berpartisipsi dalam Marharoan Bolon ini. Kita mendukung program pemerintah dan hasilnya masyarakat yang menikmati. Jalan yang sudah diperbaiki harus dirawat agar tidak cepat rusak, yang belum kita tetap berusaha,’ kata Elyanto Purba.(sum/fabe)