News

Warga Gunung Harapan Tapsel Gotong Royong Buka Jalan

FaseBerita.ID – Sekitar 250 Kepala Keluarga (KK) warga Dusun Gunung Harapan 1 dan 2, Desa Batu Godang, Kecamatan Angkola Sangkunur, sebulan terakhir, kompak membuka jalan, karena tak ingin terisolir lagi.

Kepala Desa Mahmuddin Sihombing menjelaskan, Dusun Gunung Harapan 1 dan 2, memiliki jarak sekitar 12 km dari Kantor Desa. Dari jarak tersebut, baru sekitar 1 km jalan beraspal dan 4 km jalan telfort dan sisanya masih ‘jalan tikus’ menerobos kebun dan hutan. “Itulah yang dilalui warga saya selama ini. Tak terkecuali anak sekolah,” terang Sihombing.

Dikatakannya, sejak kepemimpinannya di desa itu, diawali pada Februari 2020 lalu, salah satu programnya adalah mendorong warga yang bermukim di Dusun Gunung Harapan, untuk menatap masa depan yang lebih baik, salah satunya dengan membuka akses jalan, agar terhindar dari keterisoliran.

“Saya mengajak mereka bergotong royong membuka akses jalan. Dan itu sudah berjalan, mereka sangat merespon. Akses jalan Gunung Harapan 1 dan 2, sudah tuntas dibuka dengan panjang sekitar 1,5 km dengan lebar 5 meter. Dari Gunung Harapan 1 menuju kemari (ujung jalan teleport) juga sudah dibuka 500 meter, ditambah dari titik ini kedalam dengan panjang sekitar 1 km. Sisanya memang masih panjang, tetapi kami akan terus berupaya untuk membuka keterisoliran warga di sana, diawali dengan semangat gotong royong,” ungkapnya.

Di dua dusun tersebut sambung Kades, ada sekitar 250 KK warganya, atau sekitar 700 jiwa. Warganya mengandalkan mata pencarian tani dan berkebun serta hasil hutan untuk menopang kelangsungan hidupnya.

“Untuk memudahkan pengangkutan hasil bumi, tentu membutuhkan akses jalan yang lebih baik. Itulah motivasi kami dalam mendorong semangat bergotong royong membuka jalan itu,” ucap Kades seraya menyebut, seluruh lahan sudah bebas dan pembukaan sudah dimulai sejak Maret lalu.

“Ini tak lepas dari dukungan dari Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu,” terangnya.

Sementara itu Camat Angkola Sangkunur M Tohir Pasaribu menyebut, menyambut baik upaya warga dalam membuka akses jalan guna memperlancar transportasi ke depan. Apalagi sambungnya,jia akses itu dibuka, berpotensi menjangkau pemukiman lainnya yang selama ini masih terisolir di Angkola Sangkunur.

“Kita sangat mendukung pembukaan jalan itu, mudah mudahan cepat tuntas dan warga lebih mudah memasarkan hasil bumi. Dan terpenting, anak anak lebih nyaman dan lancar menuju sekolah,” pungkas M Tohir. (ran)