News

Warga Dolok Sanggul Kesal, 2 Minggu Air Mati

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Warga Dolok Sanggul, khususnya di Jalan Ricardo dan Jalan Rumah Sakit, Kecamatan Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan (Humbahas), sudah dua minggu kesulitan mendapatkan air bersih. Pasalnya, air bersih yang dikelola UPT S-PAM tidak lagi mengaliri keran air ke rumah-rumah yang biasanya digunakan warga untuk memperoleh air bersih.

Meskipun warga telah beberapa kali meyampaikan keluhan kepada UPT S-PAM selaku pengelola air bersih di daerah itu, namun hingga kini belum ada tindakan.

Tidak rela kondisi tersebut berkepanjangan, warga pun menyampaikan permasalahan ini kepada Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE lewat media sosial Facebook.

Seperti postingan salahsatu warganet pada dinding group Kabar-Kabari Humbang Hasundutan menyebutkan, sudah dua minggu warga tidak mendapatkan air bersih. Dan sudah berulang kali melaporkan kepada UPT S-PAM, tetapi tidak direspon.

Oleh karena itu, mereka meminta kepada Bupati Humbahas agar menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami warga Dolok Sanggul melalui OPD terkait.

Dalam postingan tadi, warganet juga menyebutkan, akan mendatangi kantor bupati jika keluhan mereka tak kunjung ditanggapi.

“Pak Bupati yang mulia Dosmar Banjarnahor untuk kesekian kalinya saya ingin menyampaikan air PAM itu tak hidup juga. Apakah bapak engak mendengar keluhan masyarakat Jalan Ricardo Pasar Dolok Sanggul ini. Dimanakah hati nuranimu pak melihat kami tak bisa memakai air. Sementara visi misi bapak menuju Humbahas Hebat, apakah kami harus datang ke kantor buat menjumpai bapak Bupati yang terhormat,” tulis pemilik akun Lembaga Adat Purba Humbahas pada dinding Group Kabar-kabari Humbang Hasundutan, Rabu (29/5).

Berikutnya, pemilik akun itu juga menulis:”Mohon dong pak kami diperhatikan pak Sekda Drs Tonny Sihombing dan pak Camat Dolok Sanggul Pardomuan Simanullang dan anggota dewan yang aktif dan yang sudah terpilih Roman, Sanggul Rosdiana, Guntur Simamora”.

Postingan tersebut mendapat tanggapan positif dari sejumlah warganet.

Pemilik akun Lampos Purba yang diduga Kabag Protokoler menyebutkan sedang ada perbaikan.

“Sabar majo hita amang, secepatnya akan jalan airnya ini lagi diperbaiki, maaf atas ketidaknyamanya,” ujar Lampos Purba dalam kolom komentar meskipun hal itu kemungkinan bukan bagian dari tugas Protokol.

Warganet lainnya, Pardomuan Simanullang turut berkomentar. Dia menyampaikan, sedang tahap perbaikan oleh pihak UPT Air Bersih.

“Horas amang inang, sedang berusaha dope hita dohot UPT Air bersih laho padengganton. Secepatna asa mardalan aek dohot denggan dihuttaon, ala adong beberapa titik pipa pecah jadi butuh proses penyelesaiannya.

Sabar majolo amang, inang dah, mauliate (Horas bapak ibu, sedang berusaha UPT Air Bersih untuk memperbaiki.

Secepatnya berjalan air desa kita, kebetulan ada beberapa titik pipa rusak jadi butuh proses perbaikan. Sabar lah bapak ibu, terima kasih),” ujar pemilik akun Pardomuan Simanullang adalah Camat Dolok Sanggul. (sht/osi)