News

Warga di Desa Sei Dua Hulu Asahan Perbaiki Jalan Provinsi Secara Swadaya

FaseBerita.ID – Jalan Lintas Provinsi Leidong di Desa Sei Dua Hulu Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan yang dibangun beberapa bulan lalu, sudah rusak akibat dilalui truk pengangkutan dengan tonase besar. Akibatnya, sering terjadi kecelakaan hingga memakan korban jiwa. Karena itu, warga setempat berinisiatif melakukan perbaikan dengan swadaya.

“Kita selaku masyarakat setempat berinisiatif melakukan perbaikan jalan provinsi ini secara swadaya. Kepala desa juga mendukung mengingat akibat jalan yang rusak ini sudah banyak pengguna jalan jadi korban kecelakaan, “kata Edy dan Syafruddin kepada wartawan, Sabtu (30/5/2020) saat ditemui di lokasi.

Edi mengatakan, jalan lintas provinsi itu dibangun oleh PT PP sepanjang 8 Km pada saat mengerjakan proyek pembangunan benteng/tanggul Sungai Asahan pada bulan Nopember tahun 2019 lalu. Namun disayangkan, perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah itu tidak menghiraukan kapasitas jalan dengan mengangkut hasil buminya bermuatan puluhan ton.

“Bangunan jalan ini hibah dari PT PP yang membangun proyek benteng/tanggul sungai Asahan. Memang ketahanan jalan ini tidak bisa dilintasi kendaraan yang bertonase besar. Namun kenyataannya, banyak mobil truk pengangkut sawit milik perkebunan sawit PT IPS yang melintasi dengan muatan puluhan ton. Akhirnya jalan ini pun cepat rusak, “katanya.

Kades Sei Dua Hulu, Sumardi Nasution juga mengatakan bahwa penyebab jalan provinsi itu rusak karena mobil truk sawit milik perkebunan yang melintasi dengan muatan berat. “Jalan Provinsi Lintas Leidong ini cepat rusak karena sering dilintasi truk pengangkut sawit milik perkebunan kelapa sawit seperti PT IPS. Sementara perhatian mereka tidak ada untuk melakukan perbaikan, “katanya.

Terpaksa kita bekerja sama dengan masyarakat berinisiatif melakukan perbaikan jalan ini secara swadaya. Kita berharap pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk melakukan rehabilitasi pembangunan jalan yang rusak ini. Kita juga minta kepedulian pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit yang melintasi jalan ini mengangkut hasil sawitnya. (ck04)