News

Warga di Asahan Ramai-ramai Buka Tanggul Air

FaseBerita.ID – Ratusan warga dari desa Sei Hulu, kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan, ramai-ramai membuka tanggul penahan air di jalan Tanggul Dusun Satu desa tersebut, Kamis (10/12). Ini mereka lakukan sebagai bentuk kekecewaan terhadap pemerintah karena daerah mereka sudah sebulan terendam air.

Salah seorang warga, Irwansyah mengatakan, di daerahnya sudah lama tergenang air. “Tak tahan kami lagi, dalam rumah sudah terendam. Tempat tidur pun sudah tenggelam. Jadi inisiatif kami buat lubang sendirilah dulu,” ujarnya.

Menurutnya, dari pihak dinas PU atau pihak Pemda belum ada inisiatif untuk mengeringkan air ini. “Makanya kami buat sendiri, tapi nanti sore ada pertemuan sama pak camat mempertemukan orang PUBWS dari Medan,” ujarnya.

Dijelaskannya, kalau digali begini oleh masyarakat, tanah ini dihanyutkan. Kalau pakai alat berat, tanahnya bisa ditimbun dulu. Begitu kemarau, tanah bisa untuk menutup kembali.

“Masyarakat tidak akan berhenti membuka tanggul ini,” ujarnya.

Warga juga meminta agar tidak dipidanakan gara-gara membuka tanggul. “Kami hanya mau tanggul ini kering, bukan sabotase. Buka apa-apa, kami minta solusi kepada pemerintah agar tempat kami tidak terendam banjir,” cetusnya.

Kabarnya, masih ada lagi banjir kiriman yang paling besar, maka masyarakat mengambil tindakan darurat ini. “Kami berharap pemerintah ikut atau menyumbangkan alat berat kemari,” pintanya.

Menurutnya, untuk sementara satu lubang penahan air yang dibuka. “Jika tidak ada inisiatif dari pemerintah membuat lubang atau menutup akses yang di atas, maka masyarakat akan bertindak kembali,” tegasnya. (Ck04/fabe)

USI