News

Warga Berharap Sorikmas Mining Lanjutkan Kegiatan

MADINA, FaseBerita.ID – Di tengah kesulitan ekonomi dan sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan, masyarakat berharap Pemerintah Daerah memberi ruang yang lebih luas di bidang investasi. Dan, warga juga berharap perusahaan tambang emas PT Sorikmas Mining segera beroperasi

Demikian disampaikan salah satu tokoh muda Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Soebriadi Nasution, Rabu (3/7/2019) di Panyabungan.

Ia menyebut, saat ini masyarakat memerlukan kebijakan pemerintah daerah di sektor investasi dengan mendatangkan perusahaan yang tujuannya untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Madina.

Karena, menurutnya, jumlah pengangguran yang tiap tahun semakin meningkat, sementara perusahaan penyedia lapangan pekerjaan sampai saat ini masih sangat sedikit.

“Logika sederhana saja, tiap tahun ribuan siswa lulus dari SMA sederajat, begitu juga dengan mahasiswa yang tiap tahun menyelesaikan perkuliahan. Mereka pulang kampung tidak ada lapangan kerja, itulah yang terjadi tiap tahun sampai sekarang. Sementara kita lihat, perusahaan penyedia lapangan kerja sama sekali tidak ada, paling hanya Perbankan, itu pun hanya bilangan jari saja menerima karyawan setiap tahun,” ungkap Soebriadi.

Karena itu, pria lulusan fakultas hukum salah satu universitas di Tabagsel ini berpendapat, sudah saatnya pemerintah daerah membuat kebijakan dan program yang bisa menekan jumlah pengangguran di kalangan masyarakat. Salah satunya dengan mengundang investor menanamkan modal di Kabupaten Madina.

“Pemerintah kita harapkan mengutamakan sektor investasi, misalnya di daerah kita ada perusahaan tambang emas PT Sorikmas Mining. Ini perlu kita dukung supaya segera beroperasi menjalankan kegiatannya, dengan catatan pihak perusahaan harus memprioritaskan tenaga kerja lokal sesuai dengan bidangnya dan kompetensinya.

“Dan, Pemerintah kita harap perlu mendatangkan perusahaan lain yang bisa menyerap tenaga kerja lokal, sehingga jumlah pengangguran di daerah kita bisa berkurang, dan tentu saja kesejahteraan ekonomi bisa meningkat,” jelasnya. (wan)