News

Walikota Syarfi: Ibadah Kurban Sumber Inspirasi dan Motivasi

FaseBerita.ID – Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk menegaskan, ibadah kurban yang disyariatkan pada Hari Raya Idul Adha merupakan sumber inspirasi dan motivasi untuk senantiasa berkurban dan berkorban dalam meniti sisa kehidupan masa depan.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat Kota Sibolga memiliki kesiapan berkurban dan bekerja keras guna mewujudkan Sibolga yang sejahtera, maju dan berdaya saing, sesuai dengan posisi, wewenang dan kapasitas masing-masing,” kata Syarfi dalam sambutannya sebelum dilakukannya penyembelihan hewan kurban di Lapangan Simaremare, Minggu (11/8).

Syarfi juga mengajak seluruh masyarakat memiliki tekad untuk senantiasa berjuang dan rela berkorban, baik moral maupun material untuk membangun hidup dan kehidupan umat, atas dasar niat berkurban serta mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Rahman. “Melalui pesan dan semangat ibadah haji dan kurban, kita wujudkan umat yang Islami, yang bersatu dan bertaqwa demi mencapai ridha Allah SWT,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Syarfi juga mengungkapkan bahwa pada perayaan Idul Adha 1440 H di Kota Sibolga, Pemerintah Kota (Pemko) menyembelih 26 hewan kurban. “Sebelum disembelih, tim kesehatan DKPP Kota Sibolga juga telah memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih dan tidak ada hewan yang lepas dari pemeriksaan kesehatan,” tandasnya lantas berharap di tahun-tahun mendatang jumlah hewan kurban semakin bertambah jumlahnya.

Berdasarkan data dari Dinas Dinas Perikanan Ketahanan Pangan Kota Sibolga, sambungnya, jumlah total seluruh hewan kurban sebanyak 254 ekor, yang terdiri atas 206 kerbau, 23 ekor sapi dan 23 ekor kambing. “Seluruhnya disembelih di berbagai masjid/musholla/dan tempat lainnya, dalam perayaan Idul Adha 1440 H/2019 M ini,” tandasnya.

Ketua Panitia Hendra Darmalius melaporkan, sebelumnya pada Sabtu (10/8) malam ribuan kendaraan bermotor, baik roda empat, roda tiga dan roda dua serta kendaraan hias turut meramaikan pawai malam takbiran Idul Adha 1440 H. “Para peserta takbiran terlihat antusias dan semangat meramaikan pawai takbiran tersebut. Sementara, pelaksanaan Shalat Idul Adha yang digelar di seluruh masjid dan lapangan terbuka di Kota Sibolga pada Minggu (11/8) pagi hari berlangsung aman dan lancar,” jelasnya.

Dia menyampaikan, malam pawai takbiran Idul Adha 1440 H itu dilepas langsung oleh Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono di kawasan Masjid Agung Kota Sibolga. “Momentum Idul Adha, umat muslim kembali diingatkan untuk semakin meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan kepada Allah Swt sebagai wujud syukur atas karunia yang dilimpahkan-Nya kepada semua makhluk di bumi,” tandasnya. (rb)