News

Wajah Baru Bakal Mendominasi Kursi DPRD Tapteng

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dari 35 kursi calon anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) hasil pemilu legislatif 2019, sebanyak 25 di antaranya diprediksi diduduki wajah-wajah baru.

Kemenangan telak partai NasDem di 4 Daerah Pilihan (Dapil), diyakini menjadi salah satu penyebab mendominasinya wajah baru yang akan menghiasi parlemen DPRD Tapteng periode mendatang.
Hal itu terungkap setelah rampungnya rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Kabupaten Tapanuli Tengah yang berlangsung selama lima hari di GOR Pandan, Sabtu (4/5) lalu.

Pengamat politik Kabupaten Tapanuli Tengah, Apoan Situmeang menuturkan, dominasi wajah baru di parlemen DPRD Tapteng akan memicu semangat para wajah lama untuk tidak ketinggalan dengan junior-juniornya. Semangat integritas kebersamaan yang pro rakyat tanpa ada sekat-sekat akan muncul bagaikan air yang mengalir.

“Kita meyakini, wajah-wajah baru tidak hanya membawa suara partainya saja, tapi juga suara konstituennya. Hal ini akan berdampak positif kepada wajah lama yang tidak akan mau ketinggalan untuk berbuat yang terbaik,” ujarnya, Senin (6/5).

Masih kata Apoan, mendominasinya calon legislator dari partai NasDem yang merupakan wajah-wajah baru akan membuat dinamika politik Tapteng kedepan semakin bergairah. Pasalnya, ke 14 caleg partai NasDem yang notabenenya wajah baru di blantika perpolitikan Tapteng, akan berlomba-lomba berbuat yang terbaik di tengah-tengah masyarakat.

Menurutnya, Ketua DPC Partai NasDem yang notabenenya merupakan Bupati Tapteng, akan menjadi motivasi dan pelecut semangat mengumpulkan kredit poin bagi setiap caleg. Tekanan partai untuk kembali menguasai parlemen periode selanjutnya, memaksa caleg akan berupaya menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat.

“Partai NasDem tidak akan mau melepas peluang ini. Disaat mereka telah menguasai parlemen, mereka akan berupaya membangun opini positif di tengah-tengah masyarakat, agar kepercayaan yang telah diberikan tidak hilang,” pungkasnya.

Berikut, wajah-wajah baru yang di prediksi mengisi kursi parlemen DPRD Tapteng; Willy Saputra Silitonga (PDIP), Emma Erwani Sinulingga (NasDem), Parohon Tambunan SH (Perindo), Tunggul Siregar (Demokrat) dan Nelli Gustia Matondang (Golkar). Kemudian Ahmad Rivai Sibarani (NasDem), Roi Paska Sarumpaet (NasDem), Darma Anjar S (NasDem) Adhitia Melfan Tanjung (Nasdem), Amian Marpaung (NasDem), Charles Tinambunan (Perindo), Wansono Hutagalung (Demokrat). Selanjutnya, Radinal Panggabean MH (Perindo), Josua Marudut Tua Habeahan (NasDem), serta Mara Sihot Situmeang (NasDem).

Kemudian Amran Marbun (Golkar), Elfride Januarti Simanungkalit (NasDem), Khairansyah Saruksuk (NasDem), Camelia Neneng Susanti S.Com (PDIP), Josmen Sitohang (Nasdem), Imam Safi’i Simatupang (Nasdem), Madayansyah Tambunan M.Pd (Gerindra), Weski Omega Simanungkalit (PDIP), dan Desmar Elfa Harefa S.Th (Golkar).

Untuk caleg petahana yang diyakini masih akan berkantor di gedung DPRD Tapteng yakni, Khairul Kiyedi Pasaribu (NasDem), Aswar Efendi Simanullang (Gerindra), Ikrar Dinata Sihombing (PAN), Herbinsar Sitanggang (Demokrat), Agus Fitriadi Panggabean (Golkar), dan Saparuddin Simatupang (Gerindra). (ztm)

iklan usi