News

Wagner Damanik-Abidinsyah Saragih Siap Hadapi Debat Publik Putaran Pertama

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Paslon Bupati Simalungun Irjen Pol (purn) Drs M Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih (WD-BISA) siap menghadapi debat putaran pertama yang akan dilaksanakan, Sabtu (14/11/2020) di Niagara Hotel Parapat.

Wagner Damanik menjelaskan, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan WD-BISA untuk menghadapi debat karena visi dan misi serta program Simalungun Unggul telah dipersiapkan sebelumnya.

“Seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun diharapkan menyaksikan acara debat publik ini agar bisa menilai secara langsung bagaimana kapasitas dan kualitas masing-masing Paslon untuk dijadikan acuan dalam menentukan pilihan pada pilkada Simalungun tanggal 9 Desember 2020,” kata Wagner Damanik, Jumat (13/11).

Menurut Wagner Damanik, debat adalah salah satu arena bagi Paslon untuk menjelaskan apa visi dan misi serta program yang akan dikerjakannya sehingga sangat diharapkan masyarakat menyaksikan debat tersebut yang rencananya akan ditayangkan secara langsung salah satu televisi swasta.

“WD-BISA siap menghadapi debat dan akan menjadi arena bagi WD-BISA untuk memaparkan Simalungun Unggul dalam berbagai bidang bersama WD-BISA,” pungkas Wagner Damanik.

Bahas 4 Thema

Sebelumnya, Ketua KPU Simalungun Raja Ahab Damanik didampingi Komisioner Puji Rahmad Harahap menjelaskan, debat putaran pertama akan mengangkat 4 thema yakni; meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan dan pengendalian covid-19.

Masing-masing pasangan calon akan menarik undian pertanyaan untuk segmen pendalaman materi dalam bentuk video. Kemudian masing-masing paslon, memaparkan visi dan misi, dan program dengan menggunakan waktu masing-masing 2 menit. Dilanjutkan dengan pendalaman visi dan misi serta program oleh moderator. Masing-masing mendapat pertanyaan hasil undian, untuk empat thema yang dibahas. Setiap paslon memiliki waktu 90 detik untuk menjawab 1 pertanyaan.

Debat akan dilanjutkan dengan sesi debat eksploratif, menjawab pertanyaan dari materi yang disajikan dalam bentuk pemutaran video. Masing-masing paslon juga mendapat kesempatan untuk bertanya dan menyanggah antar pasangan calon dalam sesi debat inspiratif.

Debat yang berdurasi 120 menit ini, dengan rincian waktu debat 90 dan pariwara 30 menit ini, ditutup dengan pemaparan penutup dari masing-masing pasangan calon.
Puji Rahmad menjelaskan, debat publik tetap mengikuti protokol standar kesehatan covid-19.
Putaran kedua akan dilaksanakan tanggal 1 Desember 2020.

Ada pun peserta debat masing-masing pasangan calon, yakni; pasangan nomor urut 1 Radiapoh Hasiholan Sinaga– Zonni Waldy, pasangan nomor urut 2 Muhajidin Nur Hasim – Tuppak Siregar, pasangan nomor urut 3 Irjen Pol (purn) Maruli Wagner Damanik – Abidinsyah Saragih dan pasangan nomor urut 4 Anton Achmad Saragih–Rospita Sitorus.(rel/fi)

iklan usi