News

Wabup Oloan: Secara Umum Hasil Food Estate Sesuai Harapan

HUMBAHAS, FaseBerita.ID– Hasil panen di lokasi food estate kecamatan pollung, Humbahas cukup baik dan sesuai harapan. Ini disebut wakil bupati (Wabup) Humbahas, Dr (Can) Oloan Paniaran Nababa SH MH (OPN) saat menyambangi Dinas Kominfo, Selasa (23/3) lalu.

Oloan menjelaskan, Dia sudah turun langsung ke lokasi bersama pihak kementrian guna menyaksikan kegiatan panen di lokasi food estate. “Saya sendiri sudah mencabut tanaman disana untuk dipanen. Memang ada daunnya terkesan busuk, namun umbi didalamnya cukup bagus. Secara umum hasilnya baik,” ujarnya.

Oloan tidak menepis adanya keluhan dan pengakuan petani yang menyebut kondisi tanaman di sana daunnya sudah busuk dan terancam gagal panen. “Saya bersama Dirjen Holticultura sudah ketemu langsung dengan suami istri petani yang mengeluh. Namun kenyataannya, hasil panen tadi semuanya bagus,” terangnya.

Bahkan, Oloan mengakui ketika satu atau dua tanaman tadi busuk merupakan hal yang sangat wajar. “Kalau ada satu dua batang yang busuk itu hal yang wajar. Namun secara umum hasil panen food estate sudah bagus. Kita bangga Humbahas dihunjuk sebagai lokasi food estate karena sangat menguntungkan masyarakat di sini,” kata Oloan.

Drs Hotman Hutasoit Kadis Kominfo mengatakan kegiatan kunjungan Tiga Menteri dilakukan dalam rangka panen kentang dan permulaan pengolahan lahan di Desa Huta Julu.

“Kegiatan tadi merupakan kick off atau permulaan pengolahan lahan di Desa Huta Julu seluas 780 Ha bekerjasama dengan off taker. Untuk Desa Siriaria seluas 15 Ha dikelola oleh Litbang Kementan. Sedangkan yang 200 Ha dikelola oleh Dirjen Holticultura. Jadi, yang dipanen tadi adalah kentang dilahan Dirjen Holticultura,” jelasnya. (sht/fabe)

USI