News

Vonis Anak Mantan Bupati Batubara: Dituntut 9 Tahun, Hakim Vonis 3 Tahun

FaseBerita.ID – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Kota Siantar Rosihan Juhriah Rangkuti SH didampingi dua anggota Risbarita SH dan Iqbal SH memonis terkdakwa perkara narkotika OK M Kurnia Aryetta 3 tahun penjara.

Pada sidang yang digelar pada Kamis (9/5) kemarin, Hakim menyebutkan bahwa perbuatan terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana turut serta melakukan penyalahgunaan narkotika golongan I bukan tanaman bagi diri sendiri sebagaimana diatur dan melanggar Pasal 127 ayat (1) huruf a, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dan Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Putusan dari Majelis Hakim ini lebih ringan 6 tahun  dari tuntutan yang diberikan jaksa Firdaus sebelumnya, yakni 9 tahun penjara karena didakwa melanggar Pasal 112 ayat (1) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Menurut hakim, hal yang memberatkan adalah perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan narkotika. Sementara hal meringankan, terdakwa mengakui kesalahan setiap persidangan sehingga tidak mempersulit pemeriksaan, mengakui perbuatannya dan mengaku tidak akan mengulanginya.

Mendengar putusan hakim, terdakwa OK M Kurnia Aryetta yang merupakan anak mantan Bupati Batubara OK Arya Zulkarnaen menerima putusan tersebut.

“Saya terima dengan tulus hati Ibu Hakim,” ucap terdakwa seraya tersenyum keluar dari ruang persidangan.

Sebelumnya OK M Kurnia Aryetta ditangkap petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar saat membawa narkoba di Jalan MH Sitorus, Kelurahan Timbang Galung, Kecamatan Siantar Barat pada Jumat 26 Oktober 2018 sekira pukul 20.00 WIB. Barang bukti berupa satu paket sabu dan satu buah pipa bekas bakar sabu ditemukan dari kantung celana OK M Kurnia. (ros/pra)

USI