News

Viral di Media Sosial, KPAI Kawal Kasus Paskibra Dipecat 

RANTAUPRAPAT, FaseBerita.ID – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melakukan pendampingan terhadap Koko Ardiansyah, siswa SMK Negeri 2 Rantau Utara yang viral di media sosial lantaran gagal menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) akan bertugas untuk mengibarkan bendera pada upacara HUT ke-74 Republik Indonesia tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

“Pendampingan ini kita lakukan berdasarkan surat perintah KPAI atas kasus anak dugaan korban pelanggaran hak berpartisipasi mengikuti Paskibra di Labuhanbatu,” ujar Ahmad Ardiansyah Harahap, Kamis (15/8/2019).

Ketua Komisi Perlindungan Anak Daerah Labuhanbatu Utara (KPAD Labura) itu mengatakan pihaknya juga telah mengumpulkan keterangan langsung dari korban Koko Ardiansyah yang didampingi pihak sekolah dan keluarga. Kemudian juga mengumpulkan keterangan dari Dispora Labuhanbatu.

“Namun kita belum menyimpulkan hasilnya, nanti akan kita laporkan langsung ke KPAI,” ujarnya.

Kehadiran Ahmad Ardiansyah Harahap yang juga didampingi Wakil Ketua KPAD Labura Khairuddin Marpaung itu tampak disambut langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Labuhanbatu Ade Huzaini.

Selanjutnya, KPAD bersama Koko Ardiansyah dan pihak Dispora juga menemui Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe di rumah dinas Jalan Pramuka Rantauprapat.

Baca juga: Viral di Media Sosial, KPAI Kawal Kasus Koko Ardiansyah 

Kepada wartawan, Koko Ardiansyah mengaku telah mendapat keterangan langsung dari pihak Dispora hingga dirinya mengaku merasa lega, dan dapat menerima kalau dirinya berstatus cadangan di tim Paskibra Labuhanbatu.

“Ada anggota Paskibra Labuhanbatu yang tidak lulus ditingkat propinsi. Itu sebenarnya yang menggantikan saya,” ucapnya.

Dia juga mengaku sama sekali tak menyangka kalau persoalan ini bisa membuatnya viral di media sosial. Untuk itu, dia menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak.

“Ini jadi pengalaman dan pelajaran berharga bagi saya,” tandasnya.

Sementara seperti banyak diberitakan, Koko Ardiansyah mendadak viral di media sosial lantaran mengaku gagal menjadi anggota Paskibra karena digantikan anak pejabat yang tidak mengikuti tahapan seleksi. (nik)