News

Viral… Anak Perempuan Seorang Diri Jaga Bapaknya di RS

FaseBerita.ID – Foto seorang anak perempuan Kelas V SD bernama Ribka sedang menjaga orangtuanya di RS Tuan Rondahaim Saragih Pematang Raya, mendadak viral.

Dalam foto yang diunggah pemilik akun Facebook Franda Purba Siboro, Selasa (16/7/2019) Pukul 21.25 WIB, juga diberi keterangan dalam bahasa Simalungun.

“selamat borngin hubatta hasoman ijon au cerita sedih terkait pengalama hu malam on irumah sakit bkd aima adekta on (Ribka) kalas 5 sd ope partiga dolok kecamatan dolok panribuan sahalaksi manjaga bapani irumah sakit sedang koma. lang dong keluarga ni makkawanisi lang homa dong bpjs ni. husukkun mase lape modom halani domma jam 9 borngin, mabiar au modom nini halani lang dong kawanni iruangan ai. itawari hanami rup modom pakon hanami ikamar nami lang bani holi lng dong mnjaga bapa nini. nanti habis impusnya gada yang kasih tau sama suster nini hasoman. merinding au manangar balosni adekta on hasoman. hubatta atap dong namanandai adekta on atap keluargani adekon nasihol mangurupi beban ni adek on boi ijupahi irungan bosar maligas rs tuan rondahaim (rs bkd).”

Kira-kira artinya:
(Selamat malam saudaraku, disini aku mau berbagi cerita tentang pengalamanku di RS BKD (RS Tuan Rondahaim Saragih). Ada seorang anak bernama Ribka, masih kelas V SD, sendiri menjaga orangtuanya. Warga Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun. Tidak ada kawannya menjaga bapaknya, dia juga tidak peserta BPJS. Hingga Pukul 9 malam (Pukul 21.00 WIB) Ribka belum tidur. Kutanya kenapa, katanya takut. Kami tawarkan tidur di ruangan kami, namun dia menolak. Alasannya tak ada yang menjaga bapaknya. Takut nanti habis infus, tidak ada yang memberitahukan. Terharu saya mendengar alasan Ribka. Kepada siapa yang mengenal anak ini atau ingin membantu, dia di ruangan Bosar Maligas RS Tuan Rondahaim).

Ribka anak perempuan yang masih duduk di kelas V SD saat menjaga bapaknya yang sedang sakit di RS Tuan Rondahaim Saragih.

Foto ini langsung diserbu warganet, dengan komentar yang rata-rata menunjukkan simpati serta harapan semoga orangtuanya cepat sembuh dan si anak diberi kesehatan dan semangat menjaga orangtua. Dari komentar warga net, ternyata anak ini masih memiliki tiga adik.

Saat dilansir dari akun Facebook Franda Purba Siboro, Rabu (17/7/2019) pukul 5.27 WIB, sudah sebanyak 480 menyukai dengan berbagai emoticon, 142 komentar dan sebanyak 242 membagikan suasana mengharukan itu. (esa)

iklan usi