News

Vihara Varja Bumi Simalungun Diresmikan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Vihara Varja Bumi Simalungun di Jalan Cokroaminoto Kota Pematangsiantar, diresmikan pada Selasa (18/6/2019).

Peresmian vihara ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Vajra Acaraya Shi Lian Yu dari Taiwan, Vajra Acaraya Shi Lian Jin dari Jakarta, Ibu Tan Ai Lien selaku Ketua Vihara Vajra Bumi Simalungun dan Susanto alias Aleng selaku Ketua Yayasan Padma Kumara Satya Budha Kota Pematangsiantar yang juga sebagai Ketua Walubi Kota Pematangsiantar.

Dalam sambutannya Tan Ai Lien, Ketua Vihara Vajra Bumi Simalungun, mengucapkan banyak terimakasih kepada jemaat dan para donator sehingga vihara ini bisa berdiri. Vihara ini dibangun mulai Juli 2017 dan selesainya dibangun dengan baik tahun 2019.

“Dengan adanya vihara ini, semoga kita semakin baik lagi ke depannya, dan semoga amal dan kebajikan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Bagi masyarakat yang ingin belajar Budha kita akan mengajarinya dengan segenap kemampuan kita. Dan tidak lupa semoga negara Indonesia kita ini semakin sukses dan rakyatnya bahagia,” ujarnya.

Sementara itu, Vajra Acaraya Shi Lian Yu secara khusus datang dari Taiwan dalam sambutannya berharap Vihara Vajra Bumi Simalungun semakin baik.

“Untuk anak kecil semakin pintar, sehat selalu dalam sekolahnya dapat berprestasi. Untuk anak muda semoga sukses dan segera cepat dapat jodoh, dan untuk yang berusaha semoga usahanya lancar selalu,” kata Vajra Acaraya Shi Lian Yu.

Menurut Vajra Acaraya Shi Lian Yu kehadiran vihara tidak lepas dari bantuan jemaat-jemat dan para donator. Diharapkan, para jemaat lebih serius, lebih tekun agar menjadi berkat bagi semua orang.

“Dan tidak lupa kita sama-sama mendoakan negara Indonesia ini agar pertumbuhan ekonominya semakin baik dan rakyatnya semakin baik. Terakhir saya mengucapkan selamat berbahagia semua sehat selalu dan semakin sukses kedepannya,” ujarnya.

Terpisah, Susanto alias Aleng mengatakan, acara peresmian vihara ini juga sekaligus merayakan ulang tahun Mahaguru Lian Sheng ke-75 tahun.

Disebutkan Susanto, setelah peresmian dilanjutkan acara syukuran hingga malam hari yang dihadiri para tamu undangan.

“Pada acara syukuran ada sesi kata-kata sambutan yang mewakili dari Pemko Siantar, Kemenag Siantar, Kapolres Siantar, dari DPRD Siantar. Selanjutnya ada pemotongan nasi tumpeng,” terang Susanto didampingi ketua panitia acara Sudi Sempurna. Susanto berharap, dengan hadirnya Vihara dapat bermanfaat bagi jemaat.

“Kita berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung berdirinya vihara ini,” terang Susanto. (mag04/pra)