News

Video Mirip Kadis Pertanian Humbahas Minta Fee Proyek Rp50 Juta Viral

FaseBerita.ID – Warga Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) heboh dengan beredarnya sebuah video tawar menawar pembayaran fee proyek yang diduga melibatkan oknum pejabat di daerah itu.

Dalam video yang diunggah pemilik akun Facebook @Samuel Hafder Sianturi, Rabu 28 Oktober 2020 di laman grup KABAR HUMBANG HASUNDUTAN terlihat oknum mirip Kadis Pertanian Humbahas (JM) menerima uang lima puluh juta rupiah dalam bentuk pecahan seratus ribu untuk panjar (DP) dari 14% yang harus dibayarkan calon rekanan untuk mendapatkan sebuah proyek pemerintah.

Dalam video berdurasi sembilan menit sebelas detik itu terlihat calon rekanan membujuk oknum yang mirip Kadis Pertanian Humbahas tadi agar memberi keringanan, yakni membayar sepuluh persen fee seperti yang umumnya terjadi. Namun si oknum yang mirip Kadis Pertanian Humbahas tersebut tetap ngotot dan meminta empat belas persen dari nilai proyek yang akan dikerjakan.

Berarti orang lain do hami dianggap ho bang! apala mangelek hami sappulu dang boi. (berarti abang anggap kami orang lain. Masa kami minta sepuluh (10 persen, red) tidak abang kasih,” kata calon rekanan yang wajahnya tidak pernah nampak dalam video tersebut. Namun Oknum mirip Kadis Pertanian Humbahas tadi, dengan tegas menolak. “Dang boi nikku, daong ma! (Saya bilang tidak, ya tidak!” singkatnya bernada tinggi.

Setelah melalui perdebatan panjang akhirnya calon rekanan setuju membayar fee empat belas persen dengan catatan membayar lima puluh juta Rupiah di awal. Sementara, sisanya akan dibayar setelah tender dimenangkan dan lokasi kegiatan juga tidak terlalu jauh.

OK amangtua, jadi ma sampulu opat. Na di Onan Ganjang i ma dihami. (OK Bapak Tua, kita dil empat belas persen, tapi pekerjaan yang di Onan Ganjang itu sama kami.)” ujar si calon rekanan sambil menyerahkan gepokan uang pecahan seratus ribu.

Menurut calon rekanan, uang tersebut berjumlah lima puluh juta Rupiah. Oknum mirip Kadis Pertanian Humbahas itu pun dengan cekatan mengambil uang tersebut dan segera memasukkannya ke laci meja dengan tangan kirinya.

Dalam percakapan rekaman vidio berbahasa daerah Batak Toba itu, calon rekanan juga mencatut nama Bupati Humbahas. “Nga sampe mangido tolong iba tu bupati. (Sampai minta tolong kami sama bupati ‘Bang sepuluh aja ya (sepuluh persen, red) biar kami jumpai kadisnya’, “ ujar calon rekanan diamini rekannya. “ I do makana barani hami manjumpai abang (Makanya kami berani menjumpai abang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kadis Pertanian Humbahas yang disebut-sebut mirip dengan orang dalam video tadi, belum berhasil dikonfirmasi sampai berita ini dikirimkan. (sht/fi)