News

Vaksin Sinovac Tiba di Sibolga, Pejabat Publik akan Divaksinasi

FaseBerita.ID – Sebanyak 2.440 vial vaksin sinovac asal Tiongkok yang didistribusikan oleh PT Bio Farma melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dikawal ketet oleh TNI/Polri tiba di Kota Sibolga pada Kamis (4/2) sore lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Sibolga Firmansyah Hulu mengatakan, vaksin merek sinovac tiba di pukul 18.20, dan langsung dibawa ke Gudang Farmasi, Jalan Gabu, Kota Sibolga.

“Ada sebanyak 2.440 vial atau dosis vaksin sinovac berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Sasaran vaksinasi sesuai dosis diperkirakan sebanyak 1.220 orang, vaksinasi pertama kali dilakukan pada hari Selasa (9/2), di Aula Nusantara Kantor Wali Kota Sibolga,” kata Firmansan Hulu.

Masih katanya, vaksinasi pertama kali dilakulan kepada delapan pejabat publik, tokoh agama dan tokoh masyarakat

“Karena setiap orang akan menerima dua kali suntikan, dengan selang waktu 14 hari setelah penyuntikan tahap pertama,” ujaranya.

Kemudian, disusul 1.193 orang tenaga kesehatan yang telah terdaftar sebagai penerima vaksin. “Setelah delapan pejabat publik divaksin, akan dilanjutkan kepada seluruh sumber daya manusia kesehatan di Kota Sibolga. Vaksinasi diusahakan selesai di akhir Februari 2021, dan dilaksanakan di 10 sarana fasilitas kesehatan,” sebutnya.

Sambungnya, program vaksinasi juga menyasar kepada petugas pelayanan publik lainnya hingga masyarakat dan dipriotaskan kepada TNI dan Polri, selanjutnya kepada masyarakat,” jelasnya. (tam)

USI