News

Usulan DPRD Simalungun Ditampung di SIPD Tahun Anggaran 2022

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ketua Komisi 2 DPRD Simalungun Maraden Sinaga mengusulkan delapan program kerja pembangunan proritas yang masuk ke Sistim Informasi Pemerintahan Daerah (SiPD) TA 2022. Ada pun pembangunan tersebut yaitu jalan hotmix, pembangunan rabat beton, perbaikan parit, dan jalan usaha tani.
Dijelaskan Maraden Sinaga saat melakukan cek lapangn di Kelurahan Tigaraja Parapat, Sabtu (22/3).

” Ada 8 program kerja pembanguan proritas yang kita usulkan masuk ke SIPD Simalungun TA 2022, salah satunya perbaikan jalan hotmix alternatif Sirikki (Japang) di Kelurahan Tigaraja, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), yang menghubungkan Kabupaten Simalungun dangan Kabupaten Toba sepanjang 500 meter. Perbaikan jalan rabat beton dan perbaikan parit di jalan Nelson Purba , Gang Pardomuan di belakang rumah penduduk, perbaikan jalan rabat beton di Jalan Jonathan, Kelurahan Parapat, perbaikan rabat beton di jalan Selamat Datang Parapat dan peningkaran Jalan hokmix di Huta Parbalean, Kelurahan Girsang,” paparnya,

Selain itu, Maraden juga mengusulkan pembukaan jalan penghubung usaha tani dan jalan pemukiman penduduk ke jalan utama di Sidamanik sepanjang 200 meter, tepatnya di Desa Tigabolon, Dusun Pangkalan Bunttu , Huta Pisang, Kecamatan Sidamanik.

” Di Kecamatan Sidamanik, ikut diusulkan perbaikan Jalan penghubung Huta Manik Maraja dan Huta Ambarisan kurang lebih 200 meter, dan kemudian rabat beton sepanjang 150 meter di Kelurahan Sarimatondang,”katanya.
Lanjut Maraden, sistim pengajuan pembangunan prioritas tahun anggaran 2022, sebelumnya dimasukan ke SIPD Simalungun selanjutnya dibahas di rancangan Anggaran Belanja Daerah (RABD).

“Sistim pengajuan pembangunan berbeda dengan tahun sebelumnya, sekarang program kerja 2022 dimasukan dulu ke SIPD, kalau tidak belum didaftar ke SIPD, maka pembangunan tidak bisa dilakukan. Jadi SIPD lah yang menjadi acuan DPRD untuk membahas RAPD nantinya, ” tegasnya,
Maraden berharap, bagi masyarakat yang terimbas pembanguan nanti supaya logowo dan siap menerima pembangunan. Demi kepentingan masyarakat bersama.

“Karena pembangunan ini untuk kepentingan masyarakat bersama, oleh karena itu diminta masyarakat legowo, dan pembanguann tetap dilakukan sesuai asset Pemerintah,” kata kader PDI Perjuangan itu.
Menanggapi rencana pembanguan, D Sidabalok mengucapkan terima kasih kepada Ketua Komisi 2 DPRD Simalungun atas kepedulian usulan perbaikan jalan di Jalan alternatif Sirikki Parapat.

” Selama ini tidak ada dewan yang peduli dengan kerusakan jalan ini, sudah 10 tahun jalan ini rusak tapi belum ada perbaikan, atas kepedulian bapak DPRD Simalungun kami ucapkan terima kasih, ” ungkap D Sidabalok. (aos/fabe)