News

Uskup Administrator Keuskupan Agung Sibolga Mgr Anicetus B Sinaga Wafat

MEDAN, FaseBerita.ID-Kabar duka datang dari Keuskupan Agung Sibolga. Uskup Administrator Apostolik Keuskupan Agung Sibolga, Mgr Dr Anicetus Bongsu Sinaga OFMCap meninggal dunia, Sabtu (7/11) dalam usia 79 tahun setelah dirawat di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan.

Pesan berantai tentang wafatnya imam pelopor Misa Inkulturatif tersebut memenuhi dunia maya. Besamaan dengan itu Facebook Beranda Keuskupan Sibolga mengumumkan kabar dimaksud:

Berita dukacita! Telah meninggal dengan tenang Mgr Anicetus B Sinaga, OFM Cap Administrator Apostolik Keuskupan Sibolga, tadi sore sekitar pukul 18.00 WIB di RS Elisabeth Medan. Marilah kita umat Keuskupan Sibolga berdoa untuk keselamatan jiwa Mgr dan semua rencana pemakaman berjalan lancar. Informasi selanjutnya, akan dikeluarkan ordinariat Keuskupan Sibolga dan Uskup Agung Medan.”

Kepergian Mgr Anicetus Sinaga membuat lini masa media sosial baik FB dan WA diisi dengan berbagai ungkapan kesedihan.

Pastor Joseph Sinaga selalu Kustos Kustodian Kapusin Sibolga membenarkan informasi tersebut.

“Benar (Mgr Anicetus Sinaga) telah meninggal.  Saya kurang tahu detail (penyebab kematiannya),” pungkas Pastor Josep Sinaga, seperti yang dikutip dari Delegasi.ID.

Sebelumnya, pada 19 Oktober 2020, Sekretaris Keuskupan Sibolga, Romo Blasius Super Yesse Pr di kanal Youtube Komsos St. Yosef Pandan menceritakan, setelah upacara tahbisan diakon di Gereja St. Theresia Lisieux, Sibolga, Kamis (15/10), kondisi Mgr. Anicetus kurang fit, sehingga diputuskan beristirahat di Klinik St. Melania, Seruni, Sibolga.

Namun, Romo Yesse melanjutkan, setelah sehari di situ kondisinya belum membaik, sehingga kemudian diputuskan dirujuk ke Rumah Sakit St. Elisabet Medan pada Jumat 16 Oktober.

“Di RS Elisabet Medan Bapa Uskup ditangani tim dokter khusus,” kata Pastor Diosesan Sibolga itu.

Melihat gejala yang timbul, ungkapnya, pihak dokter memutuskan uji swab dan hasil  uji swab tersebut yang diterima Senin, 19 Oktober 2020, menunjukkan mantan Uskup Agung Medan itu positif Covid-19.

Pastor Alboin Simatupang yang menemani Uskup Anicetus dari Sibolga ke Medan juga dinyatakan positif. Saat ini, keduanya dirawat di RS St. Elisabet Medan.

“Kami mohon doa dari saudara/i semua untuk Bapa Uskup dan Pastor Alboin dan untuk semua yang menderita sakit khususnya mereka yang menderita sakit Covid-19 agar mereka semua diberikan kekuatan,” ujarnya.

Ucapan duka datang dari rekan dekat alm, JA Ferdinandus. Mantan Ketua Umum Yayasan Sumatera Berdoa itu mengaku sangat kehilangan.

“Waktu pindah ke Sibolga, Bapak Uskul telepon saya. ‘Hei, Ferdinandus, kau jaga Medan ini agar semakin kondusif. Aku pamit ya,” kenang JA Ferdinandus. “Ternyata Bapak Uskup pamit selamatnya,” ujarnya didampingi putrinya Peggy Ferdinandus.

Usai dipulasari di RS Santa Elisabeth Medan, jasad Mgr AB Sinaga OFMCap direncanakan disemayamkan di Gereja Maria Tak Bernoda Asal, Katedral Medan untuk Misa Requim. (rel/del/fi)

iklan usi