News

USI dan PT Asia Sawit Makmur Jaya Tandatangani MoU dan Perekrutan Karyawan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Universitas Simalungun (USI) dan PT Asia Sawit Makmur Jaya perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang usaha pengolahan kelapa sawit (PKS) melakukan penandatanganan kesepakakatan kerjasama yang di tuangkan dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU) pada hari Rabu, (18/9/2019) di Gedung Sekolah Pascasarjana USI Pematangsiantar.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Rektor USI Dr Corry MSi, sedangkan dari PT Asia Sawit Makmur Jaya ditandatangani oleh Budi Hartono selaku HRD Recruitmen.

Ir Mustafa Ginting MSi selaku Kepala Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK USI) dalam kata pengantarnya mengatakan, penandatanganan MoU ini terwujud melalui proses komunikasi yang dibangun PPK-USI dengan PT Asia Sawit Makmur Jaya sejak Juni 2019. Tentunya MoU ini sebagai landasan hukum kerjasama dalam rangka pelaksanaan perekrutan ketenaga kerjaan di Kampus USI.

Lebih lanjut Ginting mengatakan, ruang lingkup MoU ini adalah PT Asia Sawit Makmur Jaya menginformasikan lowongan kerja kepada USI untuk diteruskan kepada alumni dan mahasiswanya.

USI memberikan rekomendasi alumni dan calon alumninya untuk diseleksi menjadi karyawan PT Asia Sawit Makmur Jaya. PT Asia Sawit Makmur Jaya sesuai kebutuhannya memberikan kesempatan berkarir bagi alumni maupun calon alumni USI.

Apabila ada ketersediaan waktu dari PT Asia Sawit Makmur Jaya maka bersedia untuk ikut sebagai peserta job fair yang diselenggarakan oleh USI, Peserta dan atau Nara Sumber Pertemuan Ilmiah, Seminar dan Publikasi yang diselenggarakan oleh PARA PIHAK dan Kegiatan lain yang relevan dan disepakati oleh PARA PIHAK.

“Melalui penandatanganan MoU ini menunjukkan bahwa USI serius memfasilitasi alumninya agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah mereka diwisuda, sehingga dapat memperpendek masa tunggu mereka untuk mendapatkan pekerjaan,” pungkas Ginting.

Budi Hartono HRD Recruitmen PT Asia Sawit Makmur Jaya dalam kata sambutannya mengucakan banyak terima kasih kepada pihak USI khusunya ibu Corry Rektor USI dan pak Mustafa Ginting Kepala PPK USI yang telah memfasilitasi kami sehingga terwujudlah penandatanganan MoU dan sekaligus perekrutan karyawan perusahaan kami.

Sedangkan Rektor USI Dr Corry MSi dalam kata sambutannya menuturkan, kami dari USI welcome kepada semua pihak untuk menjalin kerjasama terutama tentang perekrutan karyawan. Tentunya dengan gembira dan senang hati kami apresiasi kehadiran PT Asia Sawit Makmur Jaya di kampus kami ini.

“Kami dari USI telah berubah paradigma yang selama ini hanya meluluskan mahasiswanya menjadi sarjana tapi sekarang USI meluluskan mahasiswanya menjadi sarjana dan juga mempersiapkan lowongan kerjanya. Informasi lowongan kerja dan perekrutan yang dilaksanakan di USI bukan hanya untuk alumni USI saja tetapi juga buat semua sarjana dari perguruan tinggi lain sebagai pengabdian USI kepada masyarakakat yang tertuang dalam Tridharma Purguruan Tinggi,” ujarnya.

Selesai penandatanganan MoU dilanjutkan seleksi perekrutan karyawan PT Asia Sawit Makmur Jaya untuk posisi administration Trainee.

Pantauan media ini, peserta seleksi ada sebanyak 66 orang yang semuanya laki-laki lulusan D3/S1 Ekonomi Akuntansi dan Ekonomi Manajemen. Peserta bukan saja berasal dari Siantar-Simalungun tetapi juga berasal dari berbagai daerah di wilayah Sumatera Utara bahkan ada yang berasal dari Riau, Jambi, dan Bengkulu.

Seleksi dilakukan dalam 2 (dua) tahap, yakni psikotest, dan interview. Bagi yang lulus psikotest dilanjutkan dengan interview dan hasilnya langsung di umumkan pada hari itu juga. Bagi yang dinyatakan lulus diberi waktu seminggu untuk melengkapi dokumen persyaratan yang ditetapkan.

Kemudian mengikuti pelatihan/trainee selama 6 bulan di center pelatihan PT Asia Sawit Makmur Jaya Pekanbaru. Seluruh biaya ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan bahkan diberikan juga uang saku selama pelatihan. (rel)

iklan usi