News

Usai Masa Kampanye, Surya Kembali Bupati Asahan

FaseBerita.ID – Penjabat Sementara (Pj) Bupati Asahan Basarin Yunus Tanjung, diwakili Plh Bupati Asahan Drs John Hardi Nasution, menyerahkan kembali jabatan Bupati Asahan kepada H Surya. Penyerahan jabatan disaksikan langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara, Sabrina, di pendopo rumah dinas Gubernur Sumut, Senin ( 7/12 ).

Hal tersebut terkait telah berakhirnya masa cuti Surya sebagai Bupati Non Aktif karena mengikuti tahapan kampanye Pilkada, sebagaimana dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 Tahun 2018, tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 74 tahun 2016, tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota, pada Pasal 7 ayat 2 huruf a yang menyatakan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati berakhir saat bupati selesai menjalani cuti di luar tanggungan negara.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar kepada wartawan mengatakan, sebelumnya, Surya menjalani cuti di luar tanggungan negara untuk melaksanakan kampanye dalam pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Asahan tahun 2020.

“Oleh karena itu, beliau hari ini telah habis masa cutinya dan kembali menjadi Bupati Asahan,” kata Rahmad.

Dalam kesempatan itu, Rahmad juga menyampaikan pesan Surya agar tetap menjaga kondusivitas di masa tenang ini untuk tetap bekerja dan mencegah pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Dengan upaya-upaya persuasif, dengan menjadikan masyarakat sebagai subyek aktif, agar masyarakat sebagai garda terdepan pencegahan Covid-19 lebih tertanam dalam sanubari,” pesan Rahmad.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sumut, Sabrina mengapresiasi Pjs Bupati dan Pjs Walikota di Sumut karena telah menjalankan tugas sementara bupati dan walikota. Menurutnya, hanya orang-orang pilihan yang dipercaya gubernur untuk mendapat tugas tambahan dengan diusulkan menjadi Pjs kepala daerah.

Ditambahkannya, Pjs bertugas memelihara ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Masih kata Sabrina, penugasan Pjs di lingkungan pemerintah daerah merupakan amanat dari Undang-Undang, sehingga Serah Terima Jabatan menjadi bukti ketaatan Pemerintah Provinsi Sumut terhadap payung hukum yang ada.

“Tidak dilihat lama tidaknya menjadi Pjs, tapi yang terpenting adalah kesempatan bagi abdi negara untuk berkiprah lebih baik, lebih banyak, dan lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat,” ucapnya. (per/fabe)