News

Uruguay vs Peru: Teror Dua Predator

SANG pemegang rekor 15 gelar Uruguay akan ditantang Peru di babak perempat final Copa America 2019, Minggu (30/6). Pemenangnya akan menghadapi Kolombia atau juara bertahan Chile di semifinal.

Di atas kertas, Uruguay lebih difavoritkan menang. Salah satu alasannya adalah keunggulan kualitas skuat, terutama di barisan depan. Uruguay memiliki Luis Suarez dan Edinson Cavani, dua predator gol ganas yang piawai meneror pertahanan lawan.

Sejauh ini, Suarez dan Cavani adalah dua pemain dengan jumlah tembakan terbanyak di Copa America 2019. Suarez telah mencatatkan total 17 tembakan, sedangkan Cavani membukukan 13 tembakan dalam tiga penampilan.

Di turnamen ini, Suarez rata-rata melepaskan 5,7 tembakan per laga. Sementara itu, Cavani 4,3 tembakan per laga. Tak ada pemain lain yang lebih rajin meneror pertahanan lawan daripada mereka berdua.

Di Grup C, Uruguay menghabisi Ekuador 4-0, imbang 2-2 melawan Jepang, dan menaklukkan Chile 1-0. Sementara itu, di Grup A, Peru imbang 0-0 melawan Venezuela, mengalahkan Venezuela 3-1, dan dibantai Brasil 0-5.

Uruguay memiliki lini belakang dan lini depan yang berkualitas, ditunjang gelandang-gelandang muda yang siap membuktikan kehebatan mereka. Uruguay bisa dibilang unggul segalanya atas sang lawan.

Uruguay kemungkinan besar akan memperagakan serangan-serangan balik cepat seperti biasanya. Mereka menjadi tim terburuk dalam hal akurasi umpan (76.3 persen) di fase grup tetapi menjadi tim kedua setelah Brasil yang memiliki jumlah tembakan per laga (17.7) dan jumlah gol (7).

Sementara Peru akan mengandalkan kecepatan sisi kedua sayap mereka. Sebanyak 44 persen serangan mereka berkutat di sayap kiri, posisi yang sering ditempat Luis Advincula. Catatan sebagai tim terbaik di fase dari persentase memenangkan duel udara (60.6 persen), situasi set-piece diyakini akan mereka manfaatkan baik-baik.

Kedua tim sendiri akan sering memperagakan adu fisik. Tetapi kualitas pemain Peru tidak sebanding dengan Uruguay. Namun begitu kecepatan lini sayap pasukan Ricardo Gareca diprediksi akan menyulitkan Uruguay.(bn/tir/int)

Prakiraan Pemain
Uruguay (4-4-2):
Muslera; Caceres, Godin, Gimenez, Gonzalez; Lodeiro, Bentancur, Torreira, Nandez; Suarez, Cavani.
Pelatih: Oscar Tabarez.

Peru (4-2-3-1):
Gallese; Trauco, Abram, Zambrano, Advincula; Tapia, Yotun; Cueva, Farfan, Polo; Guerrero.
Pelatih: Ricardo Gareca.