News

Update Penyebaran Covid-19 di Siantar: 2 Positif, 4 Menunggu Hasil Swab Tes

FaseBerita.ID – Kepala Dinas Kesehatan Siantar dr Ronald Saragih menegaskan, total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Pematangsiantar sebanyak 6 orang. Dua di antaranya positif dan empat masih dalam status reaktif. Sementara ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 488 orang.

“Hingga tanggal 6 April, jumlah PDP di Siantar ada enam orang. Dua positif dan empat reaktif. Yang dimaksud status reaktif adalah masih menunggu hasil Swab Tes dari laboratorium pusat. Artinya yang empat orang itu belum pasti positif karena hasil dari laboratorium belum keluar,” kata Ronald Saragih, Senin (6/4) sembari mengatakan ODP sebanyak 488 orang.

Namun, kata Ronald, meski masih reaktif, keempat orang tersebut sudah diisolasi di RSUD Djasamen Saragih.

“Semalam kita bawa ke rumah sakit setelah mereka setuju di isolasi di rumah sakit. Kita akan tetap melakukan pemantauan ekstra. Kita berharap hasil orang yang reaktif itu negatif,” ujarnya.

Diakui Ronald, awalnya tertanggal 5 April jumlah PDP di Siantar sedikit bermasalah, karena data Provinsi dengan Pemko Siantar tidak sinkron. Di mana provinsi sempat menyebutkan ada 6 orang positif dan PDP 4 orang. Sementara data Pemko, positif Covid-19 kosong dan PDP lima orang.

“Ada kekeliruan di update data provinsi. Tapi kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak gugus tugas provinsi untuk diperbaiki. Yang benar adalah dua positif dan empat reaktif. Itu data terbaru hingga Minggu sore. Untuk update terbarunya akan kita umumkan setiap sore,” terangnya.

Terpisah, Tim Media Center Tim Gugus pencegahan Covid-19 provinsi saat dihubungi media ini melalui telepon selulernya mengatakan, data itu di update pada Minggu 5 April 2020 dan akan melakukan kembali update terbaru setiap pukul lima sore.

“Nanti sore akan kita update lagi. Kita juga akan berkoordinasi lagi dengan tim gugus kota Pematangsiantar untuk mengetahui yang terbaru. Kalau untuk update yang hari Minggu itulah data yang kita dapatkan dari Pemko Siantar,” ujarnya. (Mag 04)