News

Update Covid-19 di Asahan 16 April: 3 Positif, 2 PDP, 1 Meninggal

FaseBerita.ID – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Asahan mempublikasikan data sementara perkembangan dan data pemantauan virus Corona per tanggal 16 April 2020.  Berdasarkan data yang diterima wartawan,  jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 67 orang, Pasien Dalam Perawatan (PDP) 2 orang, Positif 3 orang, dan meninggal 1 orang.

Demikian isi data yang diterima oleh wartawan dan disampaikan oleh Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Rahmat Hidayat Siregar, Kamis (16/4). Data tersebut, berdasarkan hasil data surveilans dari seluruh Puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Asahan yang di kelola Dinas Kesehatan dan kemudian dilaporkan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19.

Dari 25 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Asahan itu terdapat tujuh kecamatan yang sama sekali bebas dari ODP maupun PDP diantaranya, Sei Kepayang Timur, Sei Kepayang Barat, Sei Kepayang, Tanjungbalai, Setia Janji, Rahuning, dan Rawang Panca Arga.

Sementara itu, 18 kecamatan lainnya dengan rincian yaitu Silau Laut 3 orang ODP, Kisaran Timur 2 ODP, 2 PDP, 1 orang Positif (meninggal), Kisaran Barat 7 orang ODP, Aek Ledong 2 orang ODP, Pulau Rakyat 8 orang ODP, Air Joman 5 orang ODP, Sei Dadap 3 orang ODP, Pulo Bandring 8 orang ODP,  Simpang Empat 2 orang positif, Buntu Pane 1 orang ODP, Air Batu 4 orang ODP, Aek Songsongan 4 orang ODP, Teluk dalam 1 orang ODP, Bandar Pasir Mandoge 5 orang ODP, Meranti 2 orang ODP, Bandar Pulau 1 orang ODP, Tinggi Raja 10 orang ODP dan Kecamatan Aek Kuasan 1 orang ODP.

Sebelumnya Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan melaporkan ada seorang warga di Kecamatan Kisaran Timur berinisial SBB yang mana merupakan anggota DPRD Sumut dari Partai Golkar meninggal dunia pada tanggal 25 Maret 2020 lalu. Namun setelah almarhum meninggal, hasil swab tes menyatakan ia positif corona.

Sementara itu, dua kasus positif lainnya yakni ES dan N warga kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan.

ES merupakan anggota DPRD Sumut dari Hanura bersama istrinya sejak beberapa hari lalu telah mendapatkan perawatan di rumah sakit Martha Friska Medan.

“Sampai saat ini (Kamis 16 April 2020) masyarakat Asahan yang berstatus ODP ada 67 orang dan yang berstatus PDP sebanyak 2 orang. Sementara positif terpapar Covid 19 sebanyak 3 orang serta yang meninggal 1 orang,”pungkasnya. (per/rah)