News

UPAS Bahas Adat Perkawinan dan Kematian

SIANTAR, FaseBerita.ID – Usaha Penyelamatan Aset Simalungun (UPAS) Talun Madear akan mengadakan pembahasan menyangkut adat perkawinan dan kematian, sesuai adat Simalungun.

Ketua DPP UPAS Januarison Saragih kepada kru media ini mengatakan, kegiatan ini diadakan di Talun Madear UPAS Jalan Drs Wilmar Sipayung, pada tanggal 29 Juni mulai Pukul 14.00 WIB.

Kegiatan ini juga dihadiri dua tokoh adat Simalungun yakni Japaten Purba dan Lansudin Sumbayak, sekaligus sebagai pembicara tentang Adat Simalungun.

Selain membahas adat perkawinan dan kematian, diadakan juga pelatihan membuat Bulang Sulapet dan Sulappei bagi kaum Ibu.

Kegiatan ini di hadiri oleh tokok adat anggota UPAS, pegiat adat Simalungun.

‚ÄúSimalungun adalah satu dan budayanya jelas. Diharapkan kehadiran para anggota UPAS agar ini terlaksana dengan baik seperti biasa diadakan setiap tahun,” katanya.

Januarison juga menerangkan, kegiatan ini sangat penting bagimana acara adat tentang perkawinan dan kematian yang sesungguhnya menurut adat Simalungun.

“Tidak ada perbedaan-perbedaan. Penerapan dan budaya tetap sama. Mari sama-sama peduli dengan budaya,” katanya. (ros/pra)