News

Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar: Utamakan Kualitas Pendidikan

SIANTAR, FaseBerita.ID – Untuk mewujudkan visi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar (UHBKPNP) yakni Unggul dan Berdaya Saing, universitas tetap mengutamakan kualitas pendidikan kepada anak didik melalui peningkatan SDM tenaga pengajar.

Prof Dr Selviana Napitupulu MHum selaku Wakil Rektor 1 mengatakan, dosen di Universtias HKBP Nommensen Pematangsiantar ini sudah banyak bergelar doktor dan profesor.

“Adapun yang S2, mereka umumnya sedang menempuh pendidikan untuk S3 atau gelar doktor,” terang Prof Dr Selviana Napitupulu MHum.

Kualitas Dosen menurut Prof Dr Selviana Napitupulu MHum sangat menentukan kualitas pendidikan anak didik.

“Jika anak-anak kita memperoleh pendidikan yang berkualitas, tentu mereka juga akan semakin mudah mendapat pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan. Dengan demikian begitulah visi misi universitas bisa tercapai,” ungkapnya.

Dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar melaksanakan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi sumber daya manusia Indonesia yang menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional, dan sistem penilaian kesetaraan capaian pembelajaran (learning outcomes) nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumber daya manusia nasional yang bermutu dan produktif.

“Selanjutnya dalam penelitian. Seluruh dosen kita minta untuk membuat penelitian terhadap suatu permasalahan dan membuat solusinya. Melalui penelitian ini, dapat bermanfaat bagi dosen maupun masyarakat,” terang Prof Dr Selviana Napitupulu MHum.

Penelitian itu juga dilakukan dengan membuat kerja sama dengan instansi lain sesuai dengan jurusannya masing-masing.

Sementara itu, dalam pengabdian kepada masyarakat, pihak kampus dikatakan Prof Dr Selviana Napitupulu MHum selalu melibatkan mahasiswanya untuk membuat kegiatan yang langsung menyentuh ke masyarakat.

Seperti membawa mahasiswa untuk mengajar di sekolah-sekolah pedalaman. Kemudian mengadakan seminar-seminar, serta kegiatan lainnya.

“Intinya, Universtias HKBP Nommensen Pematangsiantar tetap mengutamakan mutu pendidikan bagi anak-anak. Sehingga bisa unggul dan berdaya saing. Sehingga kita mengajak masyarakat untuk kuliah di sini” Prof Dr Selviana Napitupulu MHum.

Disebutkan juga bahwa seluruh mahasiswa diberi kesempatan untuk menyampaikan masukan atau saran kepada pihak kampus demi perbaikan proses belajar mengajar ke arah yang lebih baik.

Masukan itu bisa disampaikan para mahasiswa melalui online. Sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi pihak jajaran rektorat. (pra)

USI