News

Universitas Efarina Launching Pusat Pengembangan Karir dan Penandatanganan Kerjasama

SIANTAR, FaseBerita.ID – Universitas Efarina me-launching pembentukan Pusat Pengembangan Karir (PPK) serta melakukan kerjasama dengan beberapa Pemkab, instansi dan perusahaan yang ditandai penandatanganan MoU, Senin (8/2/2021) di Auditorium T Johan Garingging, Kampus Unefa Jalan Pdt J Wismar Pematangsiantar.

Pemkab Karo, Pemkab Batubara, PT Pegadaian (Persero) dan Perguruan Surya Nusantara merupakan pihak yang langsung menandatangani perjanjian kerjasama.

Plt Rektor Universitas Efarina DR Sondang Sidabutar SKM MKes dalam sambutannya menyampaikan, Universitas Efarina saat ini sedang mengajukan ijin untuk membuka program studi S1 Pariwisata di Fakultas Ekonomi dan Program Studi Pasca sarjana untuk Fakultas Kesehatan. Dua jurusan ini akan melengkapi 14 program studi yang ada di Fakultas Kesehatan (7 prodi), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (3 prodi), Fakultas Ekonomi (1 prodi) dan Fakultas Teknik (1 prodi).

Pusat Pengembangan Karir ini dibentuk sebagai wadah yang menjembatani antara lulusan dan lapangan kerja. PPK juga menjadi wadah diskusi antara universitas dan stakeholder yang membutuhkan tenaga kerja, sehingga pihak universitas dapat membuat program sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini.

“Kami juga sedang mempersiapkan kurikulum Kampus Merdeka Belajar. Kita berharap seluruh lulusan menjadi tenaga kerja yang siap bekerja dan mendapat akses langsung ke dunia kerja. Maka dari itu PPK dibentuk untuk menjembatani lulusan dan kampus ke dunia kerja,” katanya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana SE setelah menandatangani MoU dengan Universitas Efarina menyampaikan, hampir 4.000 lulusan SMK sederajat ke luar dari Karo untuk melanjutkan pendidikan dan mencari kerja. Ada perputaran ekonomi yang bergerak ke luar setiap tahun, yang merupakan potensi besar jika berhasil dikelola di daerah.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menerima sertifikat MoU dari Plt Rektor Universitas Efarina DR Sondang Sidabutar SKM MKes.

“Kami mengharapkan Universitas Efarina dapat berkontribusi untuk Kabupaten Karo dengan membantu meningkatkan skill anak-anak muda untuk meningkatkan kemampuan, terutama bidang pariwisata. Agar anak-anak muda tetap bertahan di kampung tetapi memiliki sumber pendapatan dari pengelolaan pariwisata,” katanya.

Secara khusus Terkelin menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun JR Saragih yang banyak berkontribusi untuk masyarakat, baik di Simalungun termasuk hingga ke Karo.

Anggota DPR RI Hinca Panjaitan yang hadir mewakili Komunitas Bang Hinca yang banyak bergerak dalam membimbing pengusaha kecil seperti penjahit, pengusaha bengkek, pembuat kua serta peternak kecil yang didaulat menyampaikan sambutan mengharapkan, suatu saat Universitas Efarina memberikan kesempatan kepada pengusaha kecil untuk mendapat ilmu, mendapat bimbingan dari dosen-dosen di Universitas Efarina.
“Kita support sebisa mungkin untuk usaha kecil,” kata Hinca.

Acara launching PPK Universitas Efarina ditandai dengan pemukulan gong oleh Pendiri Yayasan Efarina DR JR Saragih SH MM dan penandatanganan MoU. Selain Bupati Karo, Pemkab Batubara diwakili Sekda Batubara Sakti Alam Siregar, PT Pegadaian (Persero) Cabang Pematangsiantar diwakili Pimpinan Cabang Gloria Ginting serta perwakilian Surya Nusantara juga menandatangani kerjasama. Terpilih, Ketua Pusat Pengembangan Karir Universitas Efarina Anju Nainggolan SE MM.

Turut hadir dalam acara launching PPK Universitas Efarina dan penandatanganan kerjasama dengan beberapa Pemda dan instasi serta perusahaan ini, Danrem 002/ Pantai Timur Kolonel Inf Asep Nugraha, Dandim Simalungun 0207/Simalungun Letkol Inf Roly Souhaka, mewakili Danrindam, mewakili Kapolres Simalungun, Kapolres Siantar, Kajari Pematangsiantar, Kajari Simlaungun, Pimpinan Cabang PT Pegadaian (Persero) Glorina Ginting, Pimpinan Cabang Bank Mandiri, Dirut Akper Surya Nusantara.(esa/fabe)