News

UGM Kampus Nomor Satu di Indonesia

FaseBerita.ID – Universitas Gadjah Mada (UGM) mencatat prestasi baru. Berdasar data QS World University Ranking 2021 yang dirilis lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) kemarin (10/6), peringkat UGM melesat dari 320 menjadi 254 di dunia. Posisi itu sekaligus mengukuhkannya sebagai PTN nomor satu di tanah air.

Kenaikan itu juga diikuti sejumlah PTN lain. Institut Teknologi Bandung (ITB) sukses naik 18 peringkat menjadi 313, Institut Pertanian Bogor (IPB) naik dari posisi 601 ke 531, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) naik dari 801 ke 751. Sementara itu, PTN lain masuk dalam kisaran 600 besar seperti Universitas Indonesia (UI) di peringkat 305 dan Universitas Airlangga di posisi 521.

Pemeringkatan QS World University Ranking diadakan setiap tahun untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka di berbagai negara sesuai dengan bidang ilmu tertentu. Ada enam kriteria penilaian. Yaitu, reputasi akademik, reputasi pengguna lulusan, sitasi publikasi per dosen, rasio dosen-mahasiswa, dosen internasional, dan mahasiswa internasional.

Untuk 2021, QS memeringkatkan sekitar 1.000 universitas terbaik dari seluruh dunia. Hasilnya, sama dengan tahun sebelumnya, Massachusetts Institute for Technology (MIT) masih menjadi universitas nomor satu terbaik di dunia disusul Stanford University dan Harvard University.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengungkapkan bahwa capaian itu adalah prestasi yang sangat membanggakan meski menurut dia ranking bukan tujuan utama yang ingin dikejar. Namun, capaian tersebut dapat membuktikan bahwa UGM mampu bersaing secara global. ”Ini capaian seluruh civitas UGM dan peran alumni serta para mitra UGM,” tuturnya. (jpc/int)

USI