News

Tuntutan JPU Dinilai Janggal LSM-Mahasiswa Gerunduk Kejari Tanjungbalai

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Puluhan massa gabungan LSM-Mahasiswa dan Masyarakat berunjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungbalai, Selasa (20/8/2019).

Dalam orasinya, mereka mempertanyakan terkait tuntutan terdakwa warga negara Malaysia Nurfahmizal dan rekannya dalam kasus kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 15 kg.

Kedatangan puluhan orang massa tersebut ke kantor Kejaksaan Negeri Tanjungbalai mempertanyakan atas dasar apa pertimbangan JPU dalam persidangan yang digelar Pengadilan Negeri kota Tanjungbalai menuntut 3 terdakwa Agus warga Tanjungbalai. Diky warga Tanjungbalai dan Nurfahmizal warga negara Malaysia masing masing 19 tahun.

Sehingga dalam penilaian masyarakat Tanjungbalai tuntutan JPU terhadap 3 orang terdakwa jaringan narkoba internasional antar negara tersebut diduga ada konspirasi pihak JPU dengan 3 terdakwa.

“Kami akan laporkan langsung ke KPK dan KY terkait dengan rendahnya tuntutan JPU terhadap 3 orang terdakwa kepemilikan 15 kg sabu,” ujar Yusman melalalui pengeras suara.

Diberitakan sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai memutuskan memberi vonis mati kepada seorang warga negara Malaysia bernama Nur Famizal Bin Ramlan (23) yang ditangkap terkait sindikat jaringan narkotika jenis sabu seberat 15 Kg.

Vonis tersebut diputuskan dalam sidang yang diketuai oleh Vera Yetty Magdalena SH MH, Dr Salomo Ginting SH MH (hakim anggota) dan Ahmad Rizal SH di Pengadilan Negeri Tanjung Balai, Senin (19/8/2019).

Selain Ramlan, hakim juga memvonis 2 terdakwa lainnya yaitu Agus Yanto als Agus (36), warga Tanjungbalai dengan vonis seumur hidup.

Sementara 1 terdakwa lainnya Dicky Purwanto als Dicky (30) oknum Polisi Polres Tanjungbalai divonis penjara 18 tahun 6 bulan.

Barang bukti satu unit mobil merk Vitara BK 1686 SA disita oleh negara dan satu unit mobil merk Avanza nopol BK 1565 TW dikembalikan pada pemiliknya.

Berdasarkan bukti dan keterangan dalam persidangan, kasus narkotika ini berawal dari adanya laporan sindikat jaringan narkotika yang akan membawa sabu seberat 15 kg ke Kota Medan. Setelah dilakukan pengintaian, ketiga orang terdakwa yang diantaranya merupakan oknum polisi yang ikut mengawal mobil ditangkap di Jalan Cokroaminoto Kisaran.

Sementara itu, dengan vonis tersebut, pihak pengacara dan terdakwa Agus menyatakan banding atas putusan tersebut. (ck04/ck02/rah)