News

Truk Over Tonase ‘Paksa’ Terobos Portal Jalan

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perhubungan telah membuat portal hampir di setiap jalan kabupaten. Hal itu agar kendaraan yang melintas tidak melebihi kapasitas dan kondisi jalan tidak cepat rusak. Namun, masih ada saja kendaraan yang tidak mengindahkan aturan sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas Jalan.

Seperti pantauan wartawan, satu unit truk over kapasitas ‘memaksa’ menerobos portal yang menghadangnya agar bisa melintas. Kondisi ini terjadi tak jauh dari simpang SMPN 1 Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, yang menghubungkan lima desa di Kecamatan Pulau Rakyat.

“Jalan itu sudah diaspal hotmix sejak beberapa tahun lalu, tapi baru sekitar dua kilometer dari simpang Jalan Lintas Sumatera SMPN 1 Pulau Rakyat. Tapi sering diakali truk over tonase agar bisa melintas, padahal sudah dipasang portal,” kata Rudi Wijaya (25), warga setempat, Sabtu (21/11).

Akibatnya, jalan aspal berbobot kelas 3B berstatus jalan kabupaten itu sudah mulai kopak-kapik. Diduga akibat sering dilintasi truk yang membawa angkutan bukan kapasitasnya. Parahnya, aspal jalan yang rusak tersebut tidak mendapat perawatan atau perbaikan dari instansi terkait.

Lebih lanjut Rudi menjelaskan, setiap hari jalan penghubung lima desa ini dilintasi puluhan truk pengangkut kelapa sawit, baik milik masyarakat maupun PTPN 4, dan sebuah truk milik salah seorang pengusaha sawit di desa tersebut.

“Kadang dua kali atau satu kali dalam seminggu truk membawa barang melebihi kapasitas, melintas di jalan Desa Persatuan. Hal ini mengakibatkan jalan rusak. Terlebih saat musim hujan, jalan hancur bagaikan kubangan kerbau,” ungkap Rudi sembari mengharapkan Dinas Perhubungan turun langsung dan menindak truk yang merusak jalan. (per)

USI