News

Truk Fuso Seruduk Avanza: 5 Luka-luka

TAPSEL, FaseBerita.ID – Kecelakaan lalu lintas terjadi di Desa Panompuan, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (22/8/2019). Diduga karena pecah rem, truk Fuso seruduk Avanza yang ditumpangi satu keluarga.

Infomasi dihimpun wartawan, hari itu sekira pukul 15.00 WIB, Mobil Mitsubishi Tronton Box BK 8125 DT yang dikemudikan Goran (45), datang dari arah Padangsidimpuan ke arah Gunungtua melaju menuruni jalan di Jalan Lintas Psp-Gunungtua KM 23-24.

Setibanya di TKP, truk mengalami pecah rem, dengan suara yang tak karuan. Sementara jalanan menikung dan menurun. Supir kemudian meloncat dari truk. Sementara kernetnya bernama Zulham tinggal dalam truk. Ia pun mengambil inisiatif meraih kemudi, lalu menghindari arah mobil ke perumahan warga di jalinsum itu.

Namun di depan truk ada Mobil Avanza BB 1350 FQ yang ditumpangi satu keluarga dan dikemudikan Muhammad Rifki Ritonga. Mobil Avanza melaju dengan perlahan. Zulham tak mampu lagi menghindar hingga menabrak bagian belakang mobil milik keluarga asal Padangsidimpuan itu.

“Satu arah. Sehingga menyeret ke depan dan menabrak pembatas jembatan dan mengakibatkan kedua mobil terbalik ke beram jalan sebelah kiri. Akibat kejadian laka lantas tersebut, pengemudi dan penumpang kedua kendaraan yang terlibat laka lantas mengalami luka-luka. Sedangkan pengemudi Mobil Mitsubishi Tronton Box BK 8125 DT melarikan diri,” kata Kasubbag Humas Polres Tapsel Iptu A Sitepu.

Mantan Kanit Laka Satlantas Polres Tapsel ini menjelaskan, supir truk merupakan warga Simpang Gambus, Batubara. Dan kini kasus ini masih dalam penyelidikan setelah terjadinya laka lantas.

Adapun sebagai korban dalam peristiwa kecelakaan ini yang mengalami luka ringan yakni Muhammad Rifqi Ritonga (29) dan Lotung Ritonga (56).

Sementara korban dengan luka berat yakni Marida Afriani Rambe (62) dan Rukiah Tul Arawiah, keduanya penumpang Avanza. Dan, Zulham (35) kenek truk.

Dari keterangan sejumlah saksi, beberapa saat sebelum kecelakaan, suara pecah yang diduga berasal dari mesin pengereman truk sebenarnya sudah terdengar. Selain itu, laju truk pada saat melewati turunan dan tikungan terlihat oleng. Hingga kemudian akhirnya menabrak Avanza dan menyeretnya hingga ke pembatas jalan.

“Supirnya itu udah lompat. Jadi si kenek meraih kemudi. Dia berusaha mengendalikannya dari samping. Ternyata sia-sia. Makanya kenek itu luka berat. Sempat terhimpit di bagian depan mobil. Ini kemungkinan dia akan dirujuk,” kata Bripka Syahrial, petugas di Unit Laka Satlantas Polres Tapsel. (san)