News

Traffic Ligh Tidak Berfungsi, Kadishub Siantar: Itu Disambar Petir..

SIANTAR, FaseBerita.ID- Alat pemberian isyarat lalu lintas (APILL) berupa lampu merah di Siantar hampir sepekan mengalami kerusakan namun tak kunjung diperbaiki.

Adapun lampu merah yang mengalami kerusakan (tidak berfungsi-red), tepatnya di Persimpangan Jalan Ahmad Yani, Samping Makam Pahlawan Kelurahan Pahlawan Kecamatan Siantar Timur Kota Pematang Siantar.

Menurut Undang-undang No. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya.

Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.

Namun sayangnya, Lampu yang dikendalikan oleh Dinas Perhubungan itu (Dishub) dan Pemko Siantar itu sudah tidak berfungsi lagi sehingga banyak masyarakat mulai mengeluh untuk itu.

Ananda (27) salah seorang warga yang berdomisili di Kota Siantar saat diwawacarai wartawan Rabu (10/06) mengatakan,  jika lampu merah yang berada di Jalan lintas Provinsi itu sudah rusak beberapa hari lalu namun sayangnya tak kunjung diperbaiki.

“Sudah lama rusak itu bang,”kata Ananda.

Lebih lanjut ia bercerita, ia menyebut ia ketakutan jika melewati jalan lintas tersebut dimana banyak pengendara main terobos saja bahkan terjadi kemacetan di kawasan itu karena sudah tidak diatur oleh lampu merah lagi.

“Merinding lah bang kalau lewat disana. Harapan nya semoga Pihak Dinas Perhubungan, Pemko Siantar segera memperbaiki lampu jalan tersebut agar tidak memakan korban jiwa,”kata Ananda.

Menurut pantauan wartawan di lokasi, lampu merah tersebut hanya mengeluarkan lampu kuning di tiga titik tersebut sehingga banyak pengendara tak mau berhenti dan berlomba-lomba melewati kawasan itu.

Kadishub Kota Pematang Siantar Esron Sinaga saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya Rabu (10/06) siang menyebut penyebab kerusakan traffic Ligh (lampu merah) di Jalan Ahmad Dhani tempat nya Taman Makam Pahlawan disebabkan karena disambarnya petir.

Esron mengatakan akan segera membenahi namun sayangnya peralatan nya masih belum tersedia. “Masih menunggu barang dari Medan,” kata Esron Sinaga mengakhiri. (mag-03/fi)