News

TPL Bentrok dengan Warga Sihaporas: 12 Luka-luka

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ratusan warga Desa Sihaporas, Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun dan karyawan PT Toba Pulp Lestari (TPL) Sektor Aek Nauli bentrok, Senin (16/9/2019) siang. Peristiwa yang dipicu klaim areal perladangan itu mengakibatkan belasan orang luka-luka.

Perwakilan warga, Mangitua Ambarita, Selasa (17/9/2019), mengklaim areal tersebut merupakan tanah adat Lembaga Adat Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas (Lamtoras) yang hendak ditanami jagung. Dia juga menyebutkan, kejadian tersebut mengakibatkan warga, dan anak berusia tiga tahun mengalami memar.

Sedangkan Corporate Communication Manager PT TPL, Norma Patty Nandini Hutajulu menyebutkan dari pihaknya ada sembilan terluka, satu di antaranya menjalani perawatan intensif di RS Vita Insani Pematangsiantar.

Dikatakannya, saat itu personel humas dan petugas keamanan menghentikan aksi warga yang menanam jagung di areal lahan konsesi di Compartement B.533. Kejadian tersebut dilaporkan kepada aparat kepolisian untuk penanganan proses hukumnya. (ant/int)

iklan usi