News

TPL Bedah Rumah Warga di Toba

FaseBerita.ID – PT Toba Pulp Lestari (TPL) Tbk kembali memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar dengan membangun rumah layak huni bagi masyarakat miskin di Desa Purbatua, Kecamatan Borbor, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Rabu (11/11).

Bantuan program Bedah Rumah oleh PT TPL, Tbk di desa Purbatua Kecamatan Borbor ini diterima tiga KK masing-masing Freddy Pardosi, Hasoholan Pane, dan Parulian Silitonga.

Ketiga keluarga ini tinggal dalam kondisi rumah yang sangat tidak layak huni. Rumah-rumah tersebut masih berlantaikan tanah, beratapkan genteng dengan lubang-lubang yang didinding yang sudah banyak bolong dan menganga serta atap rumah yang sudah bocor dikala hujan turun serta tidak memiliki kamar mandi.

Freddy Pardosi, salah satu Kepala Keluarga penerima bantuan Bedah Rumah menyebutkan selama ini dia bersama istri serta anak-anaknya sudah 10 tahun tinggal dan menghuni rumah dengan kondisi sangat memprihatinkan.

Setiap hujan turun sambungnya, rumah yang dihuni 8 orang anggota keluarga ini menjadi becek dan berlumpur. Sehingga membuat tidak nyaman untuk beristirahat.

Senada dengan Freddy, hal serupa juga dialami dan dirasakan dua Kepala Keluarga lain penerima Program bantuan Bedah Rumah dari PT TPL,Tbk.

“Sekarang kami tidak perlu takut lagi jika hujan turun kapanpun waktunya, kami sudah lebih nyaman dan senang tinggal di rumah baru kami ini, dan kami tidak dibayangi kekhawatiran dan ketakutan bila musim penghujan tiba” ujar Freddy.

Kepala Desa Purbatua, Murdin Pane pada kesempatan tersebut menjelaskan, saat ini jumlah Kepala Keluarga di desanya sebanyak 160 KK. warga desanya saat ini masih banyak yang tinggal di dalam rumah dengan kondisi tidak layak huni.

Lanjutnya, dengan permohonan yang kami sampaikan PT Toba Pulp Lestari,Tbk merespon dengan positif dengan memberikan bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni bagi warga masyarakat miskin di desanya.

Hal ini tentunya sebagaimana prinsip perusahaan “PT TPL,Tbk Tumbuh dan Berkembang bersama Masyarakat”.dengan kepedulian perusahaan atas bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni oleh PT TPL,Tbk sehingga warga desanya penerima bantuan Bedah Rumah dapat tinggal dengan nyaman.

“Kami sangat berterimakasih kepada pihak PT Toba Pulp Lestari untuk bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat desa kami. Kami berharap untuk kedepannya tetap terjalin hubungan yang baik” ujar Murdin.

Humas Sektor Habinsaran PT Toba Pulp Lestari, Tbk Pangeran Marpaung menjelaskan, perusahaan PT TPL,Tbk penghasil Pulp (Bubur Kertas yang beroperasi dan berproduksi di Sosorladang Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba akan selalu hidup berdampingan dengan seluruh lapisan masyarakat di kawasan operasional perusahaan.

Program pembangunan rumah layak huni ini, awalnya bermula dari adanya pengajuan permohonan Pemerintahan Desa Purbatua kepada perusahaan PT TPL,Tbk untuk permohonan pembangunan Bedah Rumah milik warga desanya yang sudah tidak layak huni dan terpilihlah 3 unit rumah milik warga desa yang benar-benar sangat membutuhkannya.

Untuk itu, perusahaan tetap berkomitmen untuk dapat hadir berkontribusi memberikan yang terbaik kepada masyarakat sebagaimana prinsip perusahan “PT TPL,Tbk Tumbuh dan Berkembang bersama Masyarakat”.

“Semoga dengan bedah rumah yang diberikan, perusahaan kali ini, keluarga yang menerima bedah rumah dapat tinggal dengan aman, nyaman dan bahagia, serta diberikan kesehatan dan tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas Pangeran. (mag-7/ram/smg)

iklan usi