News

TPL Bantu KTH Gabe Aek Lung 2.100 Bibit Tanaman Kopi, Alpukat dan Aren

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) terus berkomitmen untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. Program perusahaan berbasis sumber daya yang berkelanjutan itu diwujudkan dengan berbagai upaya yang senantiasa memberikan nilai dan kontribusi nyata pada masyarakat sekitar lahan konsesi.

Sebagai wujud nyata program tadi, TPL bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Gabe , Desa Aek Lung, Kecamatan Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan, Jumat (4/6) melakukan penanamam perdana tanaman kehidupan, seperti kopi, alpukat dan aren di lahan konsesi TPL.

Bantuan yang disalurkan melalui KTH Gabe dengan bentuk pola kemitraan itu adalah penanaman 1500 bibit kopi, 600 batang alpukat serta 500 batang aren di lahan seluas 3, 5 hektare yang dikelola 34 KK anggota KTH Gabe. hal itu terealisasi setelah keduabelah pihak sepakat menandatangani Nota Kesepakatan Kerja (NKK) tahun 2020 lalu.

Acara tanam perdana dihadiri oleh perwakilan Kecamatan Dolok Sanggul, perwakilan KPH XII Tarutung, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar.

Hombar Sinurat, Kepala Seksi Perlindungan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat, mewakili KPH XII Tarutung, menyebut kerjasama ini merupakan hal yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat. “Masyarakat mendapat manfaat mulai dari pembukaan lahan, pengelolaan lahan, bibit tanaman serta pupuk yang digunakan juga merupakan bentuk dukungan yang diterima nantinya,” kata Hombar.

Hombar menyampaikan, pihaknya terbuka bagi masyarakat yang ingin mengakses kawasan hutan. “Harapan kita, masyarakat dapat berkoordinasi ke Dinas Kehutanan, sehingga kami dapat menjelaskan program apa saja yang dapat dilakukan. Karena program tersebut pastinya akan memberikan manfaat,” imbuhnya.

Sementara itu, Marihot Simamora, ketua Kelompok KTH Gabe mengatakan, pihaknya bersyukur dengan adanya program kemitraan tadi.

“Kami senang dengan adanya program ini dan berharap tanaman yang kami tanam ini dapat tumbuh dengan baik. Sebelumnya kami tidak mengetahui teknik dan cara penanaman yang baik, namun dengan pendampingan dari TPL kami harap akan memberikan hasil yang baik.” ujar Marihot.

Pada kesempatan yang sama, Monang Simatupang, Manager Sektor Aek Raja mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk dapat tumbuh dan berkembang bersama masyarakat. “Kita harapkan semoga program ini dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat khususnya di Desa Aek Lung dan memotivasi masyarakat disini,” tandasnya.(sht/fabe)