News

TNI AL Selamatkan Sandera dari Perampokan Laut

FaseBerita.ID – Lanal Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Asahan gelar simulasi penyelamatan sandera di atas kapal kayu yang ditawan oleh sejumlah kawanan perompak laut, Kamis (4/2).

Dalam simulasi yang digelar di laut Asahan, kawanan perompak meminta nahkoda kapal untuk memutar haluan. Perompak akhirnya berhasil diamankan dan penumpang yang disandera kawanan perompak tersebut diselamatkan oleh Tim VBSS Lanal TB-A.

Danlanal Letkol Laut P Robinson Hendrik Etwiori menyampaikan, saat itu salah satu perompak yang melakukan penyanderaan penumpang di atas kapal kayu tersebut tewas ditembak tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal TBA).

“Kejadian ini merupakan simulasi dalam operasi yang digelar untuk meningkatkan kesiapan prajurit dalam menindak kejahatan laut,” kata Danlanal TBA Letkol Laut P Robinson Hendrik Etwiory usai acara simulasi.

Danlanal TBA Letkol Laut P Robinson Hendrik Etwiory juga menyebutkan, bahwa kegiatan yang dilakukan selain simulasi latihan penembakan juga simulasi Visit Board Search and Seizure (VBSS) dalam penyelamatan terhadap kapal yang disandera oleh perompak.Yakni,simulasi operasi penyelamatan sandera.

Menurutnya, dalam simulasi menceritakan bahwa simulasi ini merupakan informasi adanya peristiwa perompakan.

“Jadi dengan itu Pangkalan TNI Angkatan Laut Lanal Tanjungbalai Asahan langsung menerjunkan satuan tugas antiteror tim VBSS untuk menyelamatkan para sandera. Sebelum berhasil menguasai kapal, petugas sempat terlibat baku tembak dengan perompak. Satu perompak tewas dalam kejadian tersebut. Hasil simulasi latihan VBSS kali ini,”kata Danlanal Robinson mengakhiri. (ck04/fabe)