News

TMMD Buka Akses Jalan Sepanjang 7 KM

TOBASA, FaseBerita.ID – Dandim 0210/TU Letkol Inf Rico Siagian bersama Wakil Bupati Toba Samosir Ir Hulman Sitorus secara resmi menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan di Desa Sibide, Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir, Selasa (20/8/2019).

Kegiatan pembukaan jalan yang menghubungkan antara dua desa yaitu Desa Sibide dan Desa Meranti Barat sepanjang 7 kilometer dikerjakan selama 1 bulan penuh.

Dandim 0210/TU Letkol Informasi Rico Siagian dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat dan juga Pemkab Tobasa yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan program TMMD ini.

“Mudah-mudahan dengan pembukaan jalan ini, akses kedua desa semakin baik serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di dua desa ini,” paparnya.

Selanjutnya, Wakil Bupati Toba Samosir Ir Hulman Sitorus menyampaikan apresiasi kepada program TMMD yang telah terlaksana di Toba Samosir dengan baik. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membangun berbagai sarana dan prasarana publik yang dilakukan secara terpadu antara Pemerintah Toba Samosir, TNI dan masyarakat sebagai bentuk kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

“TMMD ini merupakan program terpadu lintas sektoral bekerjasama dengan Pemkab dengan tujuan membangun desa sebagai sarana membantu Pemerintah Daerah. Pembangunan ini untuk menunjang kesejahteraan dan kualitas SDM,” sebut Hulman.

Kedepannya, lanjut Wabup, agar TNI bersama Pemda serta elemen masyarakat untuk dapat saling mendukung program Pemerintah dalam percepatan serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah khususnya Kabupaten Toba Samosir. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan wawasan kebangsaan di dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“TMMD imbangan saat ini merupakan suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengali berbagai isu atau persoalan terkini dengan solusi terbaik,” ujarnya.

Acara penutupan ini seyogianya akan dilaksanakan di Desa Meranti Barat. Namun karena lokasi yang jauh dan sulit dijangkau roda dua serta empat, akhirnya diputuskan untuk dilakukan di Dusun Sitonggi-tonggi.

Dalam upacara penutupan kegiatan TMMD 2019 tersebut, turut dihadiri oleh Ketua DPRD Ir Boyke Pasaribu, Wakapolres Kompol Jhonson Butarbutar, Kadis Kominfo Lalo Simanjuntak, Kadis Tarukim Joni Lubis, Inspektur Inspektorat Walman Hutahaean, Kadis PMDPPA Henry Silalahi dan Camat Silaen Sedi Lumbanraja. (os/osi)