News

Tingkatkan Sistem Imun Lansia dengan 8 Makanan Sehat

Pandemi Covid-19 yang terus memakan korban jiwa mengharuskan seseorang meningkatkan sistem imum agar tidak mudah sakit. Terutama bagi para lansia. Nah, untuk meningkatkan sistem imun pada lansia, tak ada salahnya mengosumsi beberapa makanan sehat.

Seperti dilansir dari Boldsky, Senin (8/6), ada beberapa makanan yang dipercaya bisa meningkatkan sistem imun. Aman dikonsumsi para lansia yang dikatakan memiliki sistem imun yang cenderung lemah.

Makanan tersebut harus memiliki kandungan vitamin dan mineral yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh lansia. Sehingga bisa membantu menghindari dari infeksi dan penyakit. Setidaknya ada 8 makanan yang dianjurkan dikonsumsi para lansia. Apa saja?

1. Nasi Merah
Sudah menjadi rahasia umum kalau nasi merah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa membantu memperkuat sistem imun. Terlebih beras merah memiliki antioksidan yang bisa melawan radikal bebas.

2. Ubi
Ubi kaya akan beta karoten dan vitamin A. Selain itu, ubi juga memiliki antioksidan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh para lansia. Setidaknya, para lansia bisa mengosumsi ubi seminggu sekali.

3. Bayam
Bayam juga salah satu makanan yang mengandung antioksidan. Terkandung pula vitamin C serta beta karoten. Bayam kaya akan vitamin K, yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk lansia.

4. Telur
Telur dikatakan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh orang tua.

5. Yogurt
Dikatakan jiks sistem pencernaan sehat maka daya tahan tubuh pun akan kuat. Nah, yogurt dipercaya bisa memperkuat saluran usus. Karena kandungan probiotik dalam yogurt bisa menghancurkan bakteri jahat di perut. Sehingga bisa menguatkan kekebalan tubuh yang baik untuk orang dewasa yang lebih tua.

6. Jamu dan rempah
Sejak zaman dulu, rempah-rempah dipercaya baik untuk kesehatan. Seperti kunyit dan jahe yang dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit. Selain itu, kayu manis dan oregano juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

7. Protein utuh
Cobalah makan protein utuh. Seperti ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, tiram, salmon, dan kedelai. Semuanya merupakan tambahan makanan sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kesehatan jantung. Selain itu, protein tanpa lemak seperti salmon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

8. Air
Minumlah air delapan gelas per hari untuk menjaga selaput lendir tetap lembap. Menjaga diri tetap terhidrasi dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa makan buah beri, apel, daun selada, paprika, almond dan bit ke dalam makanan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya. (jp)