News

Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana

FaseBerita.ID – Pemko Pematangsiantar menggelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Kota Pematangsiantar yang bertempat di lapangan A Malik Kota pematangsiantar, Selasa (10/11).

Pada kesempatan ini Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar yang memimpin apel gabungan membacakan amanat Walikota Pematangsiatar.

Dalam amanatnya, disebutkan bahwa sejak disahkannya Undang-undang No 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pada tanggal 26 april 2007 maka terjadi perubahan paradigma penanggulangan bencana dari perspektif responsive ke preventif.

“Perubahan paradigma tersebut harus diikuti dengan perubahan pola prilaku kita. Di mana kita perlu berperan aktif dari berbagai elemen untuk menjaga keseimbangan alam dengan memperhatikan aspek kelestariannya serta mempunyai perilaku yang aman bencana (savety culture),” ujar Kapolres.

Disampaikan juga bahwa sikap kesiapsiagaan atau kewaspadaan dini di semua lingkungan harus dimunculkan dan ditingkatkan untuk mengantisiapsi terjadinya bencana, setidaknya dapat menanamkan kesiapan mental pada diri masyarakat yang menghadapinya.

“Melalui apel gabungan siaga bersama penangulangan bencana Kota Pematangsiantar tahun 2020 ini, saya berharap kepada kita semua, pemerintah daerah, masyarakat dan dunia usaha serta pemangku kepentingan lainnya untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap kemungkinan cuaca ekstrim serta potensi bencana dan yang terpenting kita hadir di tengah-tengah masyarakat bila terjadi bencana,” ujarnya.

“Dalam kesempatan ini saya juga mengajak kita semua, di era pandemi covid-19, untuk tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan seraya berdoa kiranya pandemi covid-19 ini dapat segera berlalu di tengah-tengah kita,” jelas Kapolres Siantar.

Acara Apel Gabungan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kota Pematangsiantar tersebut turut dihadiri oleh Forkopimda Kota Pematangsiantar, Kapolsek Jajaran Polres Pematangsiantar beserta stakeholder terkait berikut kendaraan Dinas dan peralatan pendukung dalam penanganan bencana turut di gelar. (ros)

iklan usi