News

Tingkatkan Kedisiplinan Prokes, Polres dan Pemkab Tapsel Rutin Operasi Yustisi

FaseBerita.ID – Hampir setiap hari dan tersebar di sejumlah titik lalu lintas, Polres Tapanuli Selatan bersama dengan Dinas Perhubungan dan Satpol PP secara rutin melakukan operasi yustisi.

Seperti Kamis (26/11), operasi dilakukan di enam titik di Jalan Lintas Psp-Sipirok, Kecamatan Angkola Timur.

Berlandas Penerapan Disiplin & Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sesuai Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Tapanuli Selatan No. 49 tahun 2020, operasi yang bertujuan menekan penyebaran Covid-19 ini dipimpin Kapolres Tapsel AKBP Romam Smaradhana Elhaj SIK MH diwakili oleh Padal Kanit III Sat Reskrim Ipda Said Rum Fadillah.

Dalam menjalankan operasi ini, petugas ditekankan tetap humanis dan mengutamakan menjaga keselamatan masing-masing.

Dari enam titik operasi yang fokus pada pengguna jalan, petugas mengeluarkan 45 teguran tertulis dan 90 teguran lisan.

Di titik pertama di Desa Simirik petugas mengeluarkan 7 teguran tertulis bagi pengendara yang didapat masih belum mengenakan masker dalam beraktivitas di luar rumah. Kemudian di titik kedua di Desa Huraba, ada 8 teguran tertulis.

Di titik ketiga sampai ke enam yang merupakan satu jalur lalu lintas, tepatnya di Kelurahan Pasar Pargarutan, Desa Pargarutan Baru dan desa Pal Sabolas ada sebanyak 30 teguran tertulis. Nantinya, jika kemudian pelanggar didapati masih tidak menerapkan prokes bisa didenda sesuai dengan Perda yang diberlakukan di Kabupaten Tapsel.

“Dalam operasi Yustisi ini, pelanggar Prokes yang terjaring adalah masyarakat umum yaitu pejalan kaki dan pengendara bermotor yang tidak memakai masker. Selanjutnya, Pelanggar diberikan sanksi berupa teguran tertulis,” kata Kapolres yang diteruskan Kasubbag Humas Ipda A Manulang.

Di sini, petugas juga mengimbau akan pentingnya mengikuti Prokes di samping sebagai kebersihan diri juga bagian dari keselamatan dalak aktivitas luar rumah. Menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta rajin mencuci tangan bukan halangan dalam kegiatan apapun.

Dengan ini harapannya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan dalam masa Pandemi Covid – 19. Dan Menciptakan situasi yang aman dan kondusif di Wilkum Polres Tapanuli Selatan. Selama Kegiatan berlangsung, situasi aman dan baik,” pungkasnya. (san/fi)