News

Timbulkan Genangan Air, Galian di PTPN IV Diminta Ditutup

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Galian pembatas milik PTPN IV Unit Marihat yang dilakukan tepat di samping SDN 095205 Parbalokan mendapat kritikan dari masyarakat.

Pasalnya genangan air galian tersebut dikhawatirkan dapat menimbulkan sarang nyamuk Aedes aegypti dan mengakibatkan penyakit demam berdarah.

Amatan media ini, galian pembatas ini panjangnya sekitar 400 meter dengan lebar sekitar 1 meter lebih berada di Nagori Parbalokan, Kecamatan Tanah Jawa. Lokasi galian ini hanya berjarak sekitar 4 meter dari gedung sekolah. Air pada galian tersebut mengendap dan tidak mengalir. Kondisi ini yang menimbulkan keresahan orangtua siswa.

Salah seorang warga Budi Simbolon mengaku kecewa terhadap pemerintah nagori dan pihak kebun yang melakukan pembiaran adanya galian di samping sekolah.

Ia berharap agar pihak kebun yang melakukan penggalian agar menutup galian untuk mencegah genangan air.
Sebab, jika kondisi ini terus dibiarkan, maka bisa menimbulkan sumber penyakit bagi tenaga pengajar maupun anak didik di sekolah tersebut.

Tepisah, Indar petugas umum di PTPN IV Marihat belum memberikan jawaban saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler.

Sementara itu, Prayetno selaku Sekretaris Pangulu Nagori Parbalokan mengatkan galian itu dilakukan lantaran rumah karyawan PTPN IV unit Marihat sering terendam banjir. Sehingga pihak PTPN IV melakukan penggalian saluran air ke samping SD 095205 Parbalokan. (bis/pra)