News

Tim Terpadu Pencegahan Penyebaran COVID-19: 44 Warga Paluta Pelaku Perjalanan dalam Pengawasan

FaseBerita.ID – Sebanyak 44 warga Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) pelaku perjalanan berstatus orang sehat dalam pengawasan (OSDP) COVID-19 atau Corona.

Mereka yang terdata itu diketahui pernah melakukan perjalanan ke daerah yang terdeteksi merupakan daerah yang terpapar COVID-19 dan bahkan beberapa di antaranya diketahui pernah melakukan perjalan ke luar negeri.

“Saat ini mereka masih terus dilakukan pemantauan minimal selama 14 hari kedepan sejak yang bersangkutan menjalani pemeriksaan kesehatan,” demikian disampaikan tim terpadu Pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Paluta melalui juru bicara (Jubir) Lairar Rusdi Nasution SSTP, Kamis (26/3).

“Ke 44 orang tersebut sudah dilakukan penanganan dengan melakukan wawancara langsung dan pemeriksaan kesehatan oleh petugas tenaga medis,” sebut Lairar.

Tim terpadu Pemkab Paluta mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan dan tidak panik dalam menghadapi situasi sekarang ini.

Dan bila ada keluhan atas gejala seperti ciri-ciri COVID-19 agar segera melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas kesehatan atau Puskesmas terdekat.

Tidak hanya itu saja, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada para kepala desa agar menyampaikan kepada warga untuk mengurangi dan meminimalisir kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa.

“Hingga hari ini belum ada warga kita atau pasien yang diketahui positif mengidap atau terpapar COVID-19 di daerah Kabupaten Paluta,” pungkas Lairar. (ais)

USI