News

Tiga Terduga Penyalahgunaan Narkoba Diringkus di Balige

FaseBerita.ID – Personel Polres Toba menangkap tiga tersangka terduga penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Jalan Jambu Kelurahan Balige III Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, ditangkap pada Kamis (14/1).

Kapolres Toba AKBP Akala Fikta Jaya melalui Kasubbag Humas Aiptu Khairudin Sukri Yanto pada Senin (18/1) dalam pesannya menerangkan, ketiga tersangka tersebut adalah NPS (32), AS (32) dan seorang wanita berinisial FH (37).

Menurutnya, pengungkapan ini berawal dari operasi narkotika yang dilakukan personel Satnarkoba yang juga dilakukan beberapa Polsek di jajaran wilayah hukum Polres Toba. “Ini merupakan kegiatan rutin dan kita tidak berikan ruang sedikit pun kepada mafia narkotika,” katanya.

Lanjut Khairudin, pihaknya akan terus memberantas pengedaran narkoba di wilayah Kabupaten Toba. “Jelas ini suatu komitmen Polres Toba akan terus melakukan tindakan tegas tidak memberikan kesempatan dalam pengedaran narkoba di wilayah hukum Polres Toba,” ujarnya.

Harapannya, narkoba di Indonesia, khususnya di Kabupaten Toba yang sangat mengkhawatirkan terhadap generasi penerus bangsa dan merusak tatanan dan sendi-sendi kehidupan masyarakat Toba, dapat dibasmi.

“Untuk itu Kapolres Toba berharap apabila mendengar informasi tentang peredaran narkoba di wilayah/lingkungannya masing-masing, agar cepat menginformasikannya kepada pihak kepolisian Polres Toba. Kami berharap ada kepedulian masyarakat sehingga kita dapat membasmi yang namanya narkob,” pungkasnya.

Terkait penangkapan itu, Kasat Narkoba AKP Firman Peranginangin yang dikonfirmasi Senin (18/11) membenarkan penangkapan tiga orang terduga penyalahgunaan dan peredaran narkoba itu.

Dua pelaku berinisial NPS (32) dan AS (32) diketahui warga Desa Sibarani Nasampulu/ Namungkup Kecamatan Laguboti Kabupaten Toba. Keduanya ditangkap bersama barang bukti di warung Doorsmer Jalan Pasar Melintang Desa Aruan, Laguboti.

Dengan barang bukti yang berhasil kita amankan 12 paket plastik klip ukuran kecil, diduga sabu, p paket plastik klip ukuran kecil berisi diduga sabu, 1 paket plastik klip ukuran sedang berisi diduga sabu, 1 paket plastik klip ukuran besar diduga sabu, sebuah dompet kecil warna ungu merk Toko Mas, sebuah timbangan elektrik, sebuah tas sandang warna abu-abu, 1 unit handphone merk Strawberry warna hitam, 2 mancis yang telah dimodifikasi, 1 kotak plastik merk Bosch, 3 plastik sedang berisi beberapa plastik klip ukuran kecil, 3 plastik klip ukuran sedang bekas pakai, sebuah kaca pirex dengan berat Brutto 7.00 gram.

Hasil Pengembangan setelah penangkapan pelaku NPS, Satresnarkoba Polres Toba mengamankan AS (32) dengan barang bukti berupa selembar slip bukti transfer Bank BRI dan 1 unit handphone merk Samsung warna biru. Selanjutnya para pelaku dan barang bukti dibawa ke Polres Toba.

Dijelaskan, Sat Res Narkoba yang dipimpin KBO Iptu Libertius Siahaan dan Bripka Ferry, Bripka Dedi, Briptu Gusti, Briptu OI Torong, Bripda April telah melakukan penangkapan dengan cara undercover buy dan berhasil menghubungi lelaki berinisial NPS untuk memesan narkotika jenis sabu. Sehingga berhasil mengamankan NPS dan menyita barang bukti.

Lanjut dari hasil introgasi diperoleh dari NPS dan AS yang terlebih dahulu ditangkap bahwa barang haram tersebut diperoleh dari FH.

Mendapatkan informasi dari kedua pelaku tersebut, KBO Narkoba bersama anggotanya dengan cepat dan sigap kembali turun langsung untuk menangkap satu terduga pelaku wanita yang berinisial FH. FH langsung di tangkap di dalam rumahnya di Jalan Jambu Kelurahan Balige III Kecamatan Balige. (os/fabe)

iklan usi