News

Tidak Serahkan LPPDK Caleg Terpilih Bisa Didiskualifikasi

FaseBerita.ID – Calon anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 tidak secara otomatis dilantik, bahkan berpeluang didiskualifikasi, jika partai pengusung tidak menyerahkan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

Menurut Ketua Bawaslu Simalungun M Choir Nasution, pihaknya akan melakukan verifikasi LPPDK partai. Terkait jumlah yang dilaporkan dan hasil pantauan di lapangan.

“LPPDK itu harus sesuai dengan fakta di lapangan. Jumlah laporan harus sesuai dengan pengeluaran dana kegiatan sosialisasi,” katanya.

Sementara Komisioner KPU Simalungun Salman Abror mengatakan, seluruh partai sudah menyerahkan LPPDK. Diantaranya PKS, Partai Golkar, PAN, PKP Indonesia, Partai Perindo, Partai Demokrat, Partai NasDem, PKB, Partai Hanura, PPP, Partai Gerindra, Partai Berkarya, PSI dan PDI Perjuangan. Hanya PBB yang tidak melaporkan dana kampanye terhitung batas waktu penyerahan Rabu (1/5).

Hal senada disampaikan Komisioner KPU Siantar Nurbaiyah Siregar mengatakan, pihaknya juga sudah menerima LPPDK partai politik peserta pemilu serentak tahun 2019 di Kota Siantar. Ada dua partai, yakni PKB dan Partai Berkarya yang tidak menyerahkan LPPDK. (esa)