News

Tidak Ditanggapi Go-Jek Siantar, FKDOS dan SPPOI Bakal Demo Lagi

FaseBerita.ID – Driver yang tergabung dalam Forum Komunikasi Driver Online Siantar(FKDOS) dan Serikat Profesi Penggiat Online Indonesia (SPPOI) Siantar akan kembali berunjuk rasa di kantor PT Gojek Indonesia Siantar di jalan Medan, Simpang Rami, Kota Siantar, Selasa (18/6/2019).

Robin Panggabean, praktisi hukum di Siantar dalam orasinya menuntut PT Gojek Indonesia Cabang Pematangsiantar untuk memberlakukan kembali bonus harian yang telah hilang menjadi seperti semula, open suspend dan putus mitra (PM) tanpa syarat.

Robin Panggabean yang juga penasehat FKDOS mengatakan PTGI Cabang Pematang siantar telah mengangkangi Permenhub nomor 118 tahun 2018 .

Dedi Janrikson Tobing, Ketua SPPOI menjelaskan, Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No.118/2018 tentang penyelenggaraan angkutan sewa khusus atau taksi daring (online) yang baru terbit mengatur aspek perlindungan bagi pengemudi dan penumpang.

Perusahaan penyedia taksi online tak dapat memberhentikan operasional pengemudi sesuka hati, karena beleid mengatur kriteria pengenaan suspensi akun pengemudi. Penonaktifan juga harus diawali peringatan atau pemberitahuan terlebih dahulu.

Dalam Permenhub 118/2018 disebutkan rinci, perlindungan terhadap pengemudi meliputi layanan pengaduan dan penyelesaian masalah pengemudi, pendaftaran yang dilakukan secara tatap muka, kriteria pengenaan pengnonaktifan akun, dan pemberitahuan sebelum dinonaktifkan.

Perlindungan untuk pengemudi juga mencakup klarifikasi, hak sanggah beserta pendampingan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) kemitraan, dan pendaftaran ulang dalam hal pengemudi dikenai penonaktifan.
Dan pada saat ini, PT GI Cabang Pematangsiantar telah mengindahkan peraturan menteri tersebut dan telah bertindak semena mena terhadap driver Siantar.

Salah satu driver yang ikut dalam aksi di kantor PT GI mengatakan,
selama ini mereka sangat ditindas oleh PT GI, mensuspend dengan alasan orderan fiktif. Sementara bonus tak ada lagi.

Baca juga: Kantor Go-Jek Siantar Didemo Driver: Desak Berlakukan Insentif

Sementara Avincenna Damanik, yang juga Ketua FKDOS Siantar mengatakan, selama ini pihak PT GI sudah terlalu banyak berjanji. Diantaranya yaitu open suspend massal, nyatanya hanya beberapa. Termasuk pengadaan insentif, yang sudah ditunggu driver hampir setahun lamanya.

“Sebelum aksi ini, saya juga beberapa kali mendapat intimidasi dari orang yang tak dikenal melalui sms atau wa. Tujuan membatalkan aksi ini dengan membenturkan dengan ojol yang ada di Siantar ini,” katanya. (esa)